Kerap Merasakan Hawa Panas di Siang atau Bahkan di Malam Hari? ini Penjelasan BMKG

- 18 Mei 2021, 07:16 WIB
Ini penjelasan BMKG terkait hawa panas yang kerap dirasakan dalam beberapa hari terakhir ini di setiap siang atau bahkan hingga malam hari.
Ini penjelasan BMKG terkait hawa panas yang kerap dirasakan dalam beberapa hari terakhir ini di setiap siang atau bahkan hingga malam hari. /ilustrasi/prfmnews.id

PRFMNEWS - Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia merasakan hawa panas setiap siang atau bahkan hingga malam hari.

Terkait fenomena ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan jika ini bukan karena ada gelombang panas di Indonesia.

Disebutkan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, gelombang panas tidak bisa terjadi di wilayah Indonesia. Pasalnya, Indonesia berada di sekitar wilayah ekuatorial, sedangkan gelombang panas biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa dan Amerika.

Baca Juga: Kebakaran di Samping SPBU Dekat Lapas Sukamiskin Bandung Sudah Padam

Guswanto menuturkan, hawa panas yang kerap dirasakan pada umumnya disebabkan oleh kondisi cuaca cerah pada siang hari, dan relatif lebih signifikan pada saat posisi semu matahari berada di sekitar ekuatorial.

"Pada pertengahan Mei ini, posisi semu matahari sudah berada di Belahan Bumi Utara (BBU) di sekitar 19° LU, kondisi tersebut mengindikasikan bahwa di wilayah Indonesia selatan ekuator akan menjelang periode angin timuran yang identik dengan musim kemarau," ujar Guswanto dalam keterangannya, Senin 17 Mei 2021.

Dalam pantauan BMKG, temperatur udara di Indonesia masih dalam batas normal.

Baca Juga: Waspadai Lonjakan Kasus, Ridwan Kamil: RT/RW Wajib Lapor Siapa Saja Warganya yang Hilang

Di Surabaya saja temparatur udara tercatat di angka 35,2° celcius di Surabaya pada 16 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x