Satgas Penanganan Covid-19: Seluruh Tempat Wisata di Zona Merah dan Oranye akan Ditutup

- 11 Mei 2021, 14:42 WIB
Pemerintah memutuskan akan menutup tempat wisata di zona merah dan zona oranye pada masa libur lebaran nanti
Pemerintah memutuskan akan menutup tempat wisata di zona merah dan zona oranye pada masa libur lebaran nanti / Pexel.com/ Miguel A. Padrinan

PRFMNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, berdasarkan hasil rapat terbatas yang digelar Senin kemarin yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) diputuskan tempat wisata di daerah zona merah dan zona oranye akan ditutup di masa libur lebaran.

Sementara tempat wisata di daerah zona kuning dan zona hijau diperbolehkan buka namun dengan pengetatan protokol kesehatan.

"Seluruh tempat wisata yang ada di zona merah dan oranye akan ditutup. Sedangkan tempat wisata yang berlokasi di zona kuning dan hijau akan beroperasi dengan pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas," kata Wiku dalam keterangan persnya hari ini, Selasa 11 Mei 2021.

Baca Juga: Pemudik ini Nekat Pura-Pura Kesurupan di Pos Penyekatan Padalarang Karena Tak Mau Diputarbalik ke Arah Jakarta

Kata Wiku, keputusan ini diberlakukan sebagai komitmen pemerintah dalam pengendalian covid-19 dan juga dalam rangka pemulihan ekonomi.

Para pengelola tempat wisata di zona kuning dan hijau, kata Wiku, wajib melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 daerah setempat.

Selain mengatur tempat wisata, kepala daerah dan satgas penanganan covid-19 daerah pun wajib melakukan sosialisasi protokol kesehatan selama ibadah di hari raya idulfitri meliputi takbiran, pembagian zakat, salat ied, hingga halal bi halal dan ziarah kubur.

Baca Juga: Warga Bandung Boleh Gelar Sholat Ied Berjamaah Tapi dengan Pembatasan Jamaah

"Saya meminta kepada kepala daerah dan satgas di daerah untuk melakukan sosialisasi yang baik kepada masyarakat terkait pelaksanaan kegiatan ibadah pada hari raya idulfitri," sebutnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x