Mulai 1 April 2021, Hasil GeNose untuk Penumpang KA Hanya Berlaku 1 Hari

- 1 April 2021, 12:40 WIB
Alat pendeteksi Covid-19 ciptaan UGM bernama GeNose.
Alat pendeteksi Covid-19 ciptaan UGM bernama GeNose. /Dok UGM.

 

PRFMNEWS - Hasil pemeriksaan GeNose C19 bagi penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh per 1 April 2021 hanya berlaku selama 1 hari, sebelumnya berlaku 3x24 jam.

Hal ini berdasarkan terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021.

Sedangkan untuk hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, pengambilan sampelnya tetap maksimal 3 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Baca Juga: Tarif Tes GeNose C19 di Stasiun Naik Jadi Rp30 Ribu, Mulai Kapan?

Baca Juga: Penyerang Mabes Polri Tewas Ditembak Mati, Jokowi: Tidak Ada Tempat bagi Terorisme di Indonesia

"KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 pada transportasi kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya.

Joni menjelaskan, harga sekali pemeriksaan dengan GeNose C19 adalah Rp30.000. Untuk menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dilakukan pemeriksaan.

"Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan," ucapnya.

Baca Juga: BIN Ungkap Terduga Teroris di Mabes Polri Amatir

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: PT KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x