Mau Pergi Naik KA Jarak Jauh Pada Libur Isra Miraj dan Nyepi? Ini Aturannya

- 10 Maret 2021, 06:33 WIB
Pemeriksaan GeNose di Stasiun Tugu, DIY. Pada libur Isra Miraj dan Nyepi akhir pekan ini, setiap penumpang KA wajib melakukan tes Genose C19, Swab Antigen, maupun Swab PCR yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam.
Pemeriksaan GeNose di Stasiun Tugu, DIY. Pada libur Isra Miraj dan Nyepi akhir pekan ini, setiap penumpang KA wajib melakukan tes Genose C19, Swab Antigen, maupun Swab PCR yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam. /ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.

PRFMNEWS - Pada akhir pekan ini ada libur keagamaan yakni Isra Miraj pada Kamis, 11 Maret 2021 dan juga Hari Raya Nyepi 14 Maret 2021.

Pada libur keagamaan ini, PT KAI tetap mewajibkan penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunjukan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

“Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Viral Kuda Nil di Taman Safari Makan Botol Plastik, Pakar Komunikasi Lingkungan Singgung Pendidikan Karakter

Aturan ini berbeda dengan waktu pengambilan sampel pada hari biasa di mana pengambilan sampel bisa dilakukan sejak 3x24 jam sebelum keberangkatan. Dalam aturan yang ada, khusus untuk keberangkatan selama libur keagamaan atau libur panjang, wajib telah melakukan pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Adapun untuk keberangkatan di luar tanggal tersebut, pelanggan dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan," ujar Joni.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) pada 22 Februari 2021 yang menghapus Cuti Bersama Isra Mikraj tanggal 12 Maret 2021.

Baca Juga: KBM Tatap Muka di Kota Bandung Mulai Juli, Begini Teknis Pengaturan Siswa

Baca Juga: Pengendara Motor Masuk Tol Pasteur, Melaju Santai ke Arah Baros

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: PT KAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x