Mengapa Netizen Indonesia Dicap Paling Tidak Sopan Se-Asia Tenggara, Ini Kata Sosiolog

- 27 Februari 2021, 07:48 WIB
Ilustrasi netizen sedang menggunakan media sosial seperti Clubhouse.
Ilustrasi netizen sedang menggunakan media sosial seperti Clubhouse. /Foto: Pixabay/Foundry/


PRFMNEWS - Netizen Indonesia masuk ke dalam kategori yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Hal itu berdasarkan hasil riset yang dilakukan Microsoft beberapa waktu lalu.

Sosiolog Unpad Ari Ganjar Herdiansyah menilai ketidaksopanan netizen Indonesia dalam bermedia sosial bukan turut dipengaruhi budaya literasi yang rendah.

"Kenapa bisa seperti itu hal ini erat kaitan dengan budaya literasi kita. Tahun 2018 saja kita berada di urutan 64 . Sekarang tidak lebih baik hanya 37 persen, artinya literasi kita termasuk rendah. Ini penyebab mengapa ketidaksopanan yang terjadi sekarang," ujarnya saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jum'at 26 Februari 2021.

Baca Juga: TERBARU ! 10 Kecamatan Kota Bandung dengan Kasus Covid-19 Aktif Terbanyak

Baca Juga: Jadwal RCTI Hari Ini : Ikatan Cinta Tayang Pukul 19.30 WIB

Menurut Ari kemampuan literasi ini tidak hanya sebatas dalam membaca dan menyaring informasi. Namun lebih dari itu termasuk ke dalam kemampuan berkomunikasi terutama di ranah digital.

"Literasi penting bukan hanya membaca, tapi kemampuan menalar, berpikir dan mempelajari informasi, beragumentasi dengan pernyataan orang lain dan kemampuan menulis," tambahnya.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Online Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 27 Februari 2021

Berdasarkan pengamatannya, beberapa negara dengan tingkat literasi tinggi justru lebih sopan dalam bermedia sosial. Ia sendiri mencontohkan Belanda.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x