WASPADA, BMKG Sebut Saat Ini Sebagian Wilayah di Indonesia Alami Puncak Musim Hujan

- 10 Februari 2021, 15:48 WIB
Ilustrasi hujan*
Ilustrasi hujan* /PRFM

PRFMNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar wilayah Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan.

Menurut prediksi BMKG Agustus 2020 lalu, pada rentang Januari-Februari 2021, wilayah Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat, dan bagian selatan Papua mengalami puncak musim hujan.

Untuk itu, BMKG mengeluarkan peringatan mengenai potensi cuaca ekstrem pada periode 10-16 Februari 2021.

Baca Juga: Larangan Mudik Bagi ASN Saat Imlek 2021 Tak Berlaku untuk Kriteria Tertentu, Apa Saja?

“Berdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan,” disampaikan Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Februari 2021.

Berdasarkan analisa BMKG, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia sehingga mempengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

 

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x