Disetujui DPR, Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri Gantikan Idham Azis

- 20 Januari 2021, 19:36 WIB
Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. /Foto: Humas Polri

PRFMNEWS - Komisi III DPR RI secara mufakat setuju perihal pengangkatan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri yang baru, menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

Sebelumnya, Listyo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Kapolri.

Kemudian, masing-masing fraksi di DPR RI melalui juru bicaranya memberikan pandangan terhadap usul pemberhentian Jenderal Polisi Idham Azis dengan hormat dari jabatan Kapolri dan pengangkatan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru.

Baca Juga: BREAKING NEWS: PSSI Batalkan Liga 1 Musim 2020, Tidak Ada Juara dan Degradasi

Baca Juga: Pemilik Motor dengan Plat Nomor 'Lunas Pak' Buka Suara : Saya Baru Tahu Ini Viral

"Anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhetian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Polsi Drs Idham azis M.Si, dan menyetujui pengangkatan Komjen Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, sebagai Kapolri, yang selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," papar Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengungkapkan, pihaknya pada hari ini juga akan bersurat kepada Pimpinan DPR RI agar bisa secepatnya melaksanakan Rapat Paripurna, agar Presiden Jokowi bisa segera melakukan pelantikan Kapolri yang baru.

 

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x