Di Bidang Lalu Lintas, Komjen Sigit Ingin Penindakan Pelanggaran Hanya Dilakukan Secara Elektronik

- 20 Januari 2021, 11:55 WIB
Perangkat  ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang terpasang di Jalan Asia Afrika Kota Bandung.
Perangkat ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang terpasang di Jalan Asia Afrika Kota Bandung. /prfmnews.id



PRFMNEWS -
Banyak hal disampaikan Komjen Listyo Sigit Prabowo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon Kapolri di Gedung DPR RI hari ini, Rabu 20 Januari 2021.

Terkait lalu lintas, Sigit memastikan jika dirinya secara bertahap akan melakukan perubahan dalam sistem penindakan atau tilang. Salah satunya adalah penerapan tilang elektronik.

Dia menyebutkan jika anggota Polri di bagian lalu lintas harus mengurangi interaksi di tempat dan melakukan penindakan secara elektronik.

Baca Juga: Jalani Fit And Proper Test Calon Kapolri, Komjen Sigit: Polri Tidak Boleh Jadi Alat Kekuasaan

"Penindakan lalu lintas secara bertahap akan dilakukan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau yang biasa disebut dengan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang bertujuan tentunya untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan guna menghindari adanya penyimpangan-penyimpangan saat anggota melaksakan proses tersebut," kata Sigit.

Dia menyebutkan, anggota Polri di bidang lalu lintas harus fokus saat menangani kemacetan. Oleh karenanya jika ada pelanggaran maka penindakan akan dilakukan dengan sistem elektronik.

Baca Juga: KPK Terus Buru Keberadaan Harun Masiku, Salah Satu Caranya Memeriksa Kerabat Harun Masiku

Baca Juga: Kota Bandung Bentuk Satgas Pemulihan Ekonomi, Pengusaha Diminta Jaga Komitmen

Sigit ingin penyimpangan-penyimpangan penindakan pelanggaran lalu lintas tidak ada lagi.

"Jadi ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalin yang sedang macet dan tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan jadi ikon perubahan prilaku Polri khususnya di sektor lini terdepan di anggota-anggota kita khususnya di lalu lintas," sebutnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x