936 Ventilator Karya Anak Bangsa Sudah Tersebar di 348 Rumah Sakit Indonesia

- 19 Januari 2021, 17:12 WIB
Sebanyak 936 ventilator bagi pasien Covid-19 sudah tersebar di 348 rumah sakit di Indonesia
Sebanyak 936 ventilator bagi pasien Covid-19 sudah tersebar di 348 rumah sakit di Indonesia /dok Rumah Amal Salman

PRFMNEWS - Pada awal pandemi Covid-19, ITB, UNPAD, dan Masjid Salman ITB mengembangkan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19, yakni ventilator.

Ventilator yang diberi nama Vent-I atau Ventilator Indonesia ini merupakan karya anak bangsa, yang telah berhasil melalui berbagai pengujian standardisasi alat kesehatan. Tingginya kebutuhan akan ventilator di berbagai rumah sakit membuat Rumah Amal Salman menggalang dana untuk pengembangan dan produksi Vent-I.

Animo masyarakat untuk mendukung pengembangan dan produksi Vent-I sangat tinggi. Kontribusi masyarakat hadir baik secara personal, komunitas, lembaga, termasuk juga perusahaan-perusahaan besar.

Baca Juga: Update Corona Indonesia: Lagi-lagi Bertambah 10 Ribu Kasus Positif

Baca Juga: Banjir Bandang Puncak Bogor Disebabkan Longsoran dari Gunung

Setidaknya dari sana, sebanyak 936 unit Vent-I berhasil diproduksi dan didistribusikan secara gratis ke 348 rumah sakit di seluruh 34 provinsi Indonesia.

Selain animo masyarakat, tanggapan dari berbagai petinggi negeri pun sangat baik. Presiden Joko Widodo menyampaikan, “Saya kira kalau kita memang kepepet itu semua (inovasi) bisa dilakukan, dan itu dimulai sejak covid Maret, ini langsung bergerak dan ternyata kita bisa membuatnya sendiri tidak usah impor,” ucapnya.

Selain presiden, respon positif juga disampai oleh para tenaga medis. Salah satunya, diwakilkan oleh Dokter Dewi Kusumawati dari Rumah Sakit Santo Borromeus.

“Terimakasih sudah diberi sumbangan alat buatan anak negeri. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya Vent-I membantu menunda perburukan oksigenasi. Sementara obat-obatan diberikan sebagai simultan untuk mencegah perburukan kondisi pasien covid,” ujar Dewi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Rumah Amal Salman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x