Polda Metro Sebut Tidak Ada Pelanggaran Protokol Kesehatan di Acara yang Dihadiri Raffi Ahmad

- 19 Januari 2021, 11:13 WIB
Foto Raffi Ahmad saat menjalani vaksin Covid-19 di Istana Negara*/
Foto Raffi Ahmad saat menjalani vaksin Covid-19 di Istana Negara*/ /Tangkap layar YouTube @Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Aksi Raffi Ahmad berfoto dan bernyanyi tanpa mengenakan masker viral di media sosial. Foto-foto itu diambil saat pesta ulang tahun Ricardo Gelael, teman Raffi.

Foto-foto tersebut menuai kecaman dari warganet lantaran melanggar protokol kesehatan.

Apalagi kejadian tersebut terjadi setelah ia menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 di Istana Merdeka pada Rabu 13 Januari 2021.

Rafi menjadi salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk divaksin Covid-19 perdana.

Polda Metro Jaya pun melakukan penyelidikan mengenai dugaan pelanggaran protokol kesehatan pada acara yang dihadiri Raffi Ahmad.

Setelah memeriksa dan mengumpulkan bukti-bukti, Polda Metro menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam acara tersebut.

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Senin 18 Januari 2021.

Baca Juga: Terasa Dingin, Berikut Prakiraan Cuaca Bandung dan Jawa Barat Hari Ini

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Kota Bandung Terasa Lebih Dingin dari Biasanya

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Yusri juga menyebut acara tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan karena setiap tamu undangan yang hadir sudah menjalani tes usap antigen.

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.

Terkait kasus ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut pihaknya sudah menegur Raffi Ahmad karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar menaati prokes," kata Kasetpres Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan terpisah, Raffi Ahmad memberikan klarifikasi atas foto-foto dirinya tengah menghadiri acara yang menjadi viral di media sosial karena melanggar aturan protokol kesehatan.

Baca Juga: Hore! Kriteria Ini Bisa Terima BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp2,4 Juta Tahun 2021

Baca Juga: Seluruh Korban Longsor Sumedang Telah Ditemukan, Operasi SAR Resmi Ditutup

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Raffi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan juga Presiden Joko Widodo atas kegaduhan yang terjadi.

Dia juga mengakui kesalahannya yang telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun dan tidak memakai masker.

"Terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi. Tapi sebelumnya saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya, saya minta maaf kepada bapak Presiden Jokowi, kepada seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan juga minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," kata Raffi dalam video unggahannya.

Baca Juga: Ceritanya Semakin Pelik, Berikut Jam Tayang Sinetron Ikatan Cinta Selasa 19 Januari 2021

Baca Juga: Dibintangi Lesty Kejora dan Rizky Billar, Ini Jam Tayang Kulepas dengan Ikhlas Hari Ini

Raffi mengatakan bahwa acara yang dihadirinya itu diadakan di kediaman ayah dari salah satu temannya. Dia juga menjelaskan bahwa sebelum masuk ke rumah sudah menjalankan protokol kesehatan.

"Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler. Tapi pas di dalam, kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apa pun itu saya juga minta maaf karena kejadian ini jadi heboh," ujarnya.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x