Soal Vaksin Mandiri, Epidemiolog: Prinsipnya Semua Rakyat Berhak Divaksin Gratis

- 16 Januari 2021, 13:32 WIB
Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi /Pixabay

PRFMNEWS - Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo angkat bicara mengenai rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang membuka kemungkinan menyediakan vaksinasi Covid-19 secara mandiri tanpa dibiayai oleh anggaran negara.

Windhu mengatakan, hal itu sah-sah saja dilakukan, namun prinsip dasar vaksinasi adalah semua rakyat berhak memperoleh layanan vaksin secara gratis.

"Kalau ada orang yang ingin mendapat pelayanan vaksin khusus di rumah sakit swasta, itu boleh, tidak apa-apa. Tapi bukan jadi kewajiban, prinsipnya tetap semua rakyat harus dapat vaksin secara gratis," kata Windhu saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 16 Januari 2021.

Baca Juga: Antapani Tertinggi, Berikut 10 Kecamatan dengan Kasus Corona Aktif Terbanyak di Kota Bandung

Baca Juga: Update Corona Kota Bandung 15 Januari, Positif Bertambah 78 Kasus, Berikut Rinciannya

Dia mengatakan,tujuan dari vaksinasi Covid-19 ini adalah sebagai langkah pengendalian pandemi, untuk mempertahankan populasi. Dan di berbagai negara, vaksinasi ini gratis untuk rakyatnya.

Vaksinasi ini ungkap dia sama dengan program imunisasi dasar lengkap untuk bayi. Orangtua berhak mendapatkan imunisasi secara gratis, tapi berhak juga memilih layanan imunisasinya.

"Sama dengan imunisasi dulu-dulu seperti hepatitis, BCG, DPT itu semua gratis, tidak ditarik bayaran sama sekali. Tapi bisa memilih layanan khusus ke dokter swasta," katanya.

Karena vaksinasi ini bertujuan agar pandemi cepat selesai, dia menilai bilamana vaksinasi berbayar, kekebalan kelompok (herd immunity) tidak akan terpacai.

"Yang tidak berbayar saja seperti imunisasi dasar lengkap ada saja yang menolak, apalagi berbayar," katanya.

Baca Juga: Update Longsor Sumedang, 25 Korban Ditemukan, 15 Lainnya Masih dalam Pencarian

Baca Juga: Samudra Cinta Akan Tayang Hari Ini di SCTV, Simak Jadwalnya di Sini

Sebelumnya, wacana vaksin mandiri menyeruak setelah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah memberikan akses vaksin mandiri untuk sektor swasta demi mendorong percepatan vaksinasi secara nasional.

Selain itu, rencana vaksinasi mandiri bagi pengusaha dan karyawan juga bertujuan agar roda ekonomi bisa kembali bergerak.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x