Ahli Sebut Penggunaan Masker Hingga 95 Persen akan Menurunkan Kasus Covid-19 di Indonesia

- 10 Januari 2021, 10:54 WIB
Masker batik karya desainer Dinni Adrian.
Masker batik karya desainer Dinni Adrian. /TOMMY RIYADI/PRFM.

PRFMNEWS – Ahli kebijakan kesehatan Universitas Padjadjaran Deni Kurniadi Sunjaya menyampaikan pandangan terkait situasi pandemi Covid-19 di Indonesia pada 2021.

Menurutnya, salah satu kunci yang akan menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia adalah memperketat aturan penggunaan masker.

“Covid-19 di Indonesia akan menurun andaikata banyak orang yang memakai masker sampai 95%,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam diskusi “Satu Jam Berbincang Ilmu: Outlook Kesehatan Indonesia 2021” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara virtual, Sabtu 9 Januari 2021.

Baca Juga: Warga Bandung Ini Hampir Jadi Korban Begal di Flyover Jakarta-Supratman, Ini Kronologisnya

Mengutip dari healthdata Covid-19, Deni menjelaskan, saat ini penggunaan masker di masyarakat Indonesia mencapai di atas 70 persen.

Jika penggunaan masker terus ditingkatkan hingga 95%, ia optimistis kasus Covid-19 akan menurun drastis.

Saat ini, angka total kematian akibat Covid-19 sekira 35 ribu jiwa. Healthdata Covid-19 memproyeksikan angka ini terus meningkat hingga April 2021. Namun, angka ini bisa menurun sampai belasan ribu jika banyak orang menggunakan masker.

Baca Juga: Universitas Padjadjaran Dorong Satu Juta Produksi CePAD

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unpad ini menjelaskan, apabila aturan penggunaan masker terus diwajibkan disertai pemenuhan protokol kesehatan dan pengetatan kebijakan pembatasan sosial oleh pemerintah, kasus Covid-19 di Indonesia akan mudah menurun.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: Unpad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x