DPR RI Desak Pemerintah Malaysia Usut Tuntas Pelaku Pelecehan Lagu Indonesia Raya

- 30 Desember 2020, 21:31 WIB
Ilustras. Lambang Burung Garuda.
Ilustras. Lambang Burung Garuda. /Pikiran-rakyat.com

PRFMNEWS – Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno mendesak diusut tuntasnya investigasi yang dilakukan terhadap pelaku pengunggah parodi lagu Indonesia Raya.

Meski demikian, ia mengapresiasi langkah Pemerintah Malaysia yang dengan tegas telah menyikapi video pelecehan dan penghinaan terhadap lagu dan lambang negara, serta bendera Indonesia tersebut.

Seperti diketahui, pascaviralnya video pelecehan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia telah menyatakan akan melakukan penyelidikan serius terhadap kasus penghinaan itu.

Baca Juga: Update Data Corona Kota Bandung 30 Desember 2020 : Konfirmasi Positif Bertambah 30 Kasus

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, juga telah melayangkan nota protes pada kantor perwakilan Pemerintah Malaysia yang berada di Jakarta. 

“Kita sudah bersikap dan kita cukup mengapresiasi Pemerintah Malaysia menyikapi dengan tegas. Terus sekarang harus kita lihat follow up-nya seperti apa, apakah itu hanya statement di media ataukah benar-benar diusut dicari dan dihukum pelanggar dan pembuat lagu tersebut," kata Dave dalam laman DPR RI, Rabu 30 Desember 2020.

Politisi Fraksi Golkar ini menyatakan, memang tidak mudah bagi sebuah negara untuk mengontrol warga negaranya. Namun, bukan berarti penegakan hukum tidak bisa dilakukan.

Baca Juga: Ketimbang Turun ke Jalan dan Ciptakan Kerumunan Saat Tahun Baru, Wali Kota Bandung Ajak Bermuhasabah

Menurutnya, proses hukum menjadi penting dan tetap harus berjalan. Sebab, hubungan bilateral yang selama ini terjalin baik antara Indonesia dan Malaysia dapat kembali memanas.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x