Pemerintah Prioritaskan Petugas Kesehatan saat Vaksinasi

- 9 Desember 2020, 14:34 WIB
Simulasi vaksinasi Covid-19/
Simulasi vaksinasi Covid-19/ /HUMAS JABAR

PRFMNEWS – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyampaikan pemerintah bakal memprioritaskan masyarakat di garda terdepan seperti petugas kesehatan, medis, staf medis rumah sakit, dokter, perawat, dan petugas yang bekerja di fasilitas kesehatan dalam pemberian vaksin.

“Kemudian prioritas selanjutnya adalah petugas pelayanan publik (esensial worker) misalnya, anggota TNI–Polri, petugas bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, PAM yang bertugas di lapangan,” kata dia dalam siaran pers, Rabu 9 Desember 2020.

Muhadjir mengklaim, vaksinasi adalah salah satu cara pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kala Tiktok Jadi Tempat Bertemu 'Kembaran'

Dengan hadirnya vaksin Covid-19, Pemerintah tinggal menunggu hasil evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk izin penggunaannya. Pelaksanaan vaksinasi adalah untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, kedua adalah intervensi Kesehatan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

“Sesuai rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group Immunization (ITAGI), prioritas pemberian imunisasi Covid-19 terdiri dari petugas medis seperti, staf medis rumah sakit, dokter, perawat dan seluruh petugas yang bekerja di fasilitas pelayan kesehatan. Kemudian prioritas selanjutnya adalah petugas pelayanan publik (esensial worker) misalnya, anggota TNI–Polri, petugas bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, PAM yang bertugas di lapangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, adanya vaksin diharapkan dapat mendorong produktivitas dan meminimalisir dampak sosial dan ekonomi.

Baca Juga: Cek Perhitungan Hasil Pilkada Serentak 2020 di Link Berikut Ini

“Vaksinasi adalah upaya mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, serta melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dengan begitu akan mendorong produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi” ujarnya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x