Kasus Covid-19 Menanjak Terus, Ketua DPR RI Puan Maharani Minta Pemerintah Introspeksi

- 3 Desember 2020, 15:33 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Ketua DPR RI Puan Maharani. /Dok. DPR RI/

PRFMNEWS – Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah untuk segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap strategi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Mengingat kasus positif virus corona semakin meningkat setiap harinya bahkan sempat mencapai 6.000 kasus positif per hari.

Ia menyatakan pemerintah perlu memberi sejumlah catatan terkait meningkat tajamnya kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kendati demikian, Puan menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan gotong royong yang sudah dilakukan pemerintah, tenaga kesehatan, relawan, dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

“Dengan tembusnya rekor baru, pemerintah harus evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi ini untuk menemukan bagian apalagi yang harus kita gencarkan. Selama ini upaya penanggulangannya sudah luar biasa, termasuk peran tenaga kesehatan dan masyarakat. Tapi, pemerintah harus jadi motor penggerak untuk melahirkan usaha yang lebih dari luar biasa,” ungkap Puan dalam siaran pers Rabu 3 Desember 2020.

Baca Juga: Ini Kata DPRD Kota Bandung Tentang Beda Pendapat Soal Hadapi Wisatawan

Baca Juga: Terima Kunjungan Forkopimda Jabar, KPU Kabupaten Bandung Pastikan Pilkada akan Berjalan Sukses

Ia pun mengingatkan angka penularan dan korban jiwa sangat tinggi, termasuk dalam catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyebutkan 180 dokter meninggal akibat Covid-19 hingga awal Desember 2020.

“Ada baiknya kita mewawas diri, introspeksi langkah penanggulangannya. Jangan sampai masyarakat lelah dan tidak mau lagi mematuhi protokol kesehatan,” ujar Puan.

Baca Juga: Kasus Positif Corona di Garut Melonjak, Pemkab Tambah Gedung Isolasi Baru

Puan mendorong pemerintah menguatkan pencegahan dari sisi hulu. Misalnya dengan memperluas bantuan vitamin dan jamu agar kesehatan dan daya imunitas masyarakat terjaga. Langkah ini dinilai penting dilakukan sambil menunggu tersedianya vaksin sebagai salah satu langkah penanggulangan Covid-19.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x