Doni Monardo Minta Masyarakat yang Hadir di Petamburan-Megamendung Sukarela Jalani Tes SWAB

- 23 November 2020, 15:02 WIB
Ribuan jamaah menyambut kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 13 November 2020. Kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab ke Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Ribuan jamaah menyambut kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 13 November 2020. Kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab ke Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc. /*ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH

PRFMNEWS - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta masyarakat yang datang dan berkerumun dalam kegiatan di Petamburan, Slipi, Tebet Timur, Megamendung hingga Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu untuk mengikuti tes SWAB secara sukarela.

Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengetahui apakah ada yang terpapar Covid-19, lalu pemerintah bisa melakukan upaya pencegahan dini agar penyebaran tidak semakin meluas.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ikut dalam aktivitas tersebut agar secara sukarela bersedia untuk melakukan SWAB antigen yang telah disediakan oleh pemerintah pusat dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta di sejumlah puskesmas," ujar Doni dalam konferensi pers virtual, Senin 23 November 2020.

Baca Juga: Kemenkes: 80 Orang yang Menghadiri Kegiatan Habib Rizieq di Petamburan dan Tebet Positif Corona

Doni menuturkan, pemerintah daerah sudah menyiapkan lokasi tes SWAB di puskesmas secara gratis bagi masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Menurutnya, jika memang ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 maka orang tersebut diharapkan melakukan isolasi mandiri di rumah atau menjalani isolasi yang disediakan pemerintah, tergantung rekomendasi dari petugas kesehatan.

"Inilah tugas kita semua menyampaikan pesan kepada masyarakat agar secara sukarela bersedia melakukan pemeriksaan SWAB apakah itu PCR atau Antigen. Upaya dini akan cepat membantu upaya penyembuhan," ucapnya.

 

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x