Masuki Fase AKB, Pemkot Bandung Belum Beri Izin CFD Kembali Digelar

- 27 Juni 2020, 13:57 WIB
 Pesepeda melintas di Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (14/6/2020) pagi. *Rizky Perdana/ PRFM
Pesepeda melintas di Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (14/6/2020) pagi. *Rizky Perdana/ PRFM /Rizky Perdana/ PRFM

PRFMNEWS - Meski sudah memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung belum akan memberikan izin digelarnya Car Free Day (CFD) dalam waktu dekat.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan saat ini masih ada euforia di masyarakat yang seolah menganggap keadaan sudah normal. Oleh karena itu Pemkot Bandung khawatir jika CFD digelar nantinya kerumunan massa akan sulit dibendung dan diawasi.

"CFD belum boleh, karena pengendalian kerumunan massanya masih sulit. Lokasi favorit masyarakat Kota Bandung kan kalau hari Minggu itu Dago. Tanpa ada CFD saja kerumunannya luar biasa," ujar Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: Meski Sudah Tak Ada PSBB, IDI Jabar Tetap Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

"Berdasarkan hasil PSBB kemarin memang kita rekomendaiskan nanti dulu. Pemkot melihat ada euforia terutama masyarakat khususnya sepeda juga. Karena kan CFD tempat dominan orang bersepeda dan berolahraga. Masyarakat masih euforia seolah-olah ini sudah normal," lanjutnya.

Perihal warga yang berkerumun ketika bersepeda dan berolahraga, Yana mengaku pihaknya sejauh ini baru sebatas memberi imbauan saja. Belum ada aturan tegas yang akan diatur dalam waktu dekat.

"Tidak ada lah (tindakan tegas-red), kita hanya bisa mengimbau sementara ini," ungkap Yana.

Baca juga: Ahli Epidemiologi: Vaksin COVID-19 Indonesia Saat Ini Adalah Perilaku Memakai Masker

Dirinya berharap masyarakat masih tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski PSBB sudah usai. Karena bagaimanapun, saat ini pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia bahkan dunia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x