Antisipasi OTG Beraktivitas di Pasar, Pemkab Bandung Gelar Rapid Test di Pasar Soreang

- 18 Juni 2020, 10:20 WIB
Rapid test di Pasar Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (18/6/2020).**
Rapid test di Pasar Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (18/6/2020).** /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Gugus tugas penanggulangan covid-19 Kabupaten Bandung terus melakukan memetakan penyebaran covid-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan rapid test di pasar tradisional di Kabupaten Bandung. Hari ini, Kamis (18/6/2020), rapid test digelar di Pasar Soreang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dr. Grace Mediana mengatakan, selain di Pasar Soreang, sejak beberapa waktu pihaknya telah melakukan rapid test di beberapa pasar lainnya di Kabupaten Bandung. Selain itu, rapid test ini pun akan terus dilakukan untuk mencari orang tanpa gejala (OTG) yang dikhawatirkan beraktivitas di ruang publik seperti pasar dan berisiko menularkan kepada kelompok rentan.

"Kami ingin segera mencari orang-orang yang terpapar covid-19 tanpa gejala karena hari ini kita takutkan itu akan menularkan," kata Grace saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel hari ini.

Baca Juga: Pemkab Bandung Imbau Warga Potong Hewan Kurban di RPH Guna Hindari Kerumunan di Tengah Pandemi

Kata Grace, pendeteksian OTG melalui rapid test dilakukan agar pihaknya bisa memetakan penyebaran covid-19 di kabupaten Bandung sehingga bisa segera memutus rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Bandung.

"Sudah lima pasar, dan terakhir di pasar Majalaya ada tiga reaktif, tapi Alhamdulillah (hasil tes swab) negatif. Terakhir kami masuk ke pasar Ciwidey dan ada 14 reaktif dan reaktif itu belum tentu positif," tegasnya.

Grace menjelaskan, jika ditemukan hasil reaktif pada rapid test, warga tersebut akan langsung diminta untuk melakukan tes swab untuk memastikan kondisinya karena reaktif rapid test belum tentu positif covid-19.

Baca Juga: Ada Kejadian 'Menteri yang Tertukar' Saat Wishnutama Kunker ke Bali

"Kami langsung swab untuk memastikan untuk positif atau tidak," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x