22 Pusat Perbelanjaan di Kota Bandung Bakal Buka Kembali pada 30 Mei

- 26 Mei 2020, 21:04 WIB

BANDUNG,(PRFM) - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat, Arman Hermawan mengatakan sebanyak 22 pusat perbelanjaan di Kota Bandung bakal kembali beroperasi pada Sabtu, 30 Mei mendatang.

Menurutnya, semua pusat perbelanjaan sudah dari jauh-jauh hari menyiapkan rencana tersebut dengan merancang skema protokol kesehatan. 

"Di Kota Bandung ada 22 pusat perbelanjaan dari mal dan trade center, kemarin sudah simulasi dengan beberapa riteler, toko, dan tenan simulasi untuk re-opening dengan baik, jangan sampai nanti menimbulkan kepadatan pengunjung," kata Arman saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: Klarifikasi IPDN Soal Acara 'Halalbihalal' yang Diikuti Ribuan Praja

Arman mengatakan, pada tahap awal pembukaan nanti, pihaknya akan membatasi pengunjung. Rencana pembukaan kembali mal ini kata dia sudah melalui kajian dan pertimbangan matang.

Untuk mengantisipasi animo masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, ia mengatakan pihaknya akan membuka banyak akses pintu masuk mal.

Jika terjadi antrean yang mulai panjang, pengunjung akan diarahkan ke pintu lain.

"Kita akan hitung apabila sudah sampai 30% (dari kapasitas mal), kita akan terapkan buka tutup. Kalau sudah di 50% akan tutup. Kita akan lihat dulu jumlah keluarnya, begitu keluar sekian persen, kita akan buka lagi pintu masuk," kata dia.

Baca Juga: Besok, MUI Bakal Tindaklanjuti Wacana Pemerintah Soal 'New Normal'

Sementara untuk durasi belanja ia mengatakan, itu akan dibebaskan. Pihaknya memperkirakan tingkat kunjungan tidak akan terlalu tinggi, karena kondisi setelah Lebaran.

Namun, apabila jumlah pengunjung sudah lebih dari 40% kapasitas, pihaknya akan melakukan pengaturan.

"Kita infokan juga ke pemilik toko untuk melakukan hal sama di dalam toko, yaitu harus membatasi pengunjung 50% dari kapasitas," katanya.

Selain itu, di pintu masuk mal juga akan disediakan alat cuci tangan, dan pemeriksaan suhu tuhuh.

Di pintu masuk juga bakal disediakan masker, mengantisipasi pengunjung yang tidak memakai masker.

"Tidak hanya di dalam pintu masuk mal saja, tapi mau masuk ke dalam toko juga diukur suhunya (suhu tubuh)," tandasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x