Pemkot Cimahi Segera Operasikan Laboratorium yang Bisa Periksa 200 Spesimen Tes Swab dalam Sehari

- 25 Mei 2020, 08:11 WIB
Ilustrasi proses swab test
Ilustrasi proses swab test //Dok Humas Pemprov Jabar.

BANDUNG,(PRFM) - Sebagai bentuk percepatan penanganan covid-19, Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kota Cimahi terus melakukan rapid test dan swab test kepada warga Cimahi. Bahkan, untuk mempercepat tes swab, Pemkot Cimahi kini tengah membuat laboratorium sendiri agar spesimen tes swab tak lagi harus dikirim ke labkesda Dinkes Jabar.

"Swab test kan kita masih terbatas karena harus ke Labkesda. Nah mudah-mudahan sepuluh hari ke depan kita punya lab sendiri dan mudah-mudahan sepuluh hari sudah selesai dan beroperasi sendiri dengan kapasitas lebih banyak," kata Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (25/5/2020).

Baca Juga: Tepat di Lebaran Kemarin, Kasus Covid-19 di Purwakarta Bertambah Satu

Menurut Ajay, nantinya laboratorium tersebut bisa memeriksa sebanyak 200 spesimen dalam sehari. Sehingga diharapkan bisa mempercepat pemetaan covid-19 di kota Cimahi agar semakin cepat pula penanganannya.

Dengan adanya laboratorium sendiri, Ajay berharap hasil tes swab bisa keluar lebih cepat, tidak lagi harus menunggu 14 hari. Dengan demikian penanganan lanjutan terhadap orang tanpa gejala, orang dalam pemantauan, dan pasien dalam pengawasan bisa menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Bupati Sumedang Cegah Pemudik di Cek Poin, Satu Orang Reaktif Covid-19

"Sekarang kita akan punya lab sendiri dan mudah-mudahan hasilnya (tes swab) dalam hitungan jam sudah bisa keluar," tegasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x