Dispangtan Pantau Penjualan Daging Sapi agar Tak Ada Penjualan Daging Babi Berkedok Daging Sapi

- 11 Mei 2020, 11:41 WIB
Ilustrasi daging.
Ilustrasi daging. /dok.PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Jajaran Sat Reskrim Polresta Bandung berhasil mengungkap kasus peredaran daging babi yang dijual dengan menyebutkan daging sapi di Kabupaten Bandung. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar memastikan jika pihaknya rutin memantau pasar agar tak ada penjualan daging babi berkedok penjualan daging sapi di Kota Bandung.

Menurut Gin Gin, peredaran daging babi di kota Bandung sudah sangat jelas alurnya mulai dari penyembelihan hingga perdagangannya. Hal ini dilakukan agar daging babi ini tak dikonsumsi oleh umat islam yang mengharamkan daging babi.

"Untuk B2 (babi) ini di kota Bandung ada rumah potongnya dan persebarannya, atau pasar-pasarnya sudah tertentu karena saat mereka memotong itu sudah jelas pasarnya," sebut Gin Gin saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (11/5/2020).

Baca Juga: Sahabat Polisi Bandung Minta Tak Ada Penangguhan Penahanan Ferdian Paleka CS Agar Tak Dibully Warga

Gin Gin menyebutkan, babi yang disembelih di rumah potoh hewan resmi dan dipasarkan secara resmi adalah babi dari peternakan. Adapun jenis daging yang dilarang beredar adalah daging celeng atau babi hutan.

Bahkan, harga daging babi sebenarnya memiliki harga yang cukup bersaing dengan harga daging sapi. Sedangkan harga daging celeng justru cenderung jauh lebih murah.

Baca Juga: Di Tengah Imbauan #dirumahsaja, Polsek Sumur Bandung Banyak Terima Laporan Penipuan dan KDRT

Karena murahnya harga daging celeng dan memiliki tekstur yang hampir sama dengan daging sapi, maka Dispangtan Kota Bandung memastikan akan memeriksa peredaran daging sapi agar tak ada pedagang nakal yang mencampur dengan daging celeng.

"Biasanya daging celeng itu sudah datang dengan bentuk potongan kecil, terus sudah dibekukan secara penampakan tidak terlalu beda dengan daging sapi. Tapi dari segi penampakan bisa dilihat misalnya daging celeng itu merahnya lebih muda, kemudian teksturnya lebih halus dari daging sapi jadi kalau dicabik itu lebih mudah, dan baunya lebih khas," urainya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x