Jerawat Sering Muncul di Tempat yang Sama? Bisa Jadi Ini 4 Penyebabnya

- 30 Oktober 2020, 14:03 WIB
Cara Mencegah Jerawat/Freepik.com
Cara Mencegah Jerawat/Freepik.com /Freepik.com

PRFMNEWS - Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling mudah muncul. Kehadiran jerawat ini kerap membuat kita jengkel, kesal, bahkan merasa tidak percaya diri.

Jerawat sendiri tak jarang tumbuh di tempat-tempat tertentu, sepeti dagu, jidat dan T-Zone. Untuk kamu yang ingin memerangi jerawat, dikutip dari India Times, berikut ini beberapa penyebab alasan tumbuhnya jerawat di tempat yang sama.

1. Kemungkinan Bukan Jerawat, Melainkan Kista Hormonal
Kista merupakan jerawat besar di bawah kulit. Kista bisa disebabkan oleh hormon dan jauh lebih dalam daripada jerawat biasa, mereka lebih sulit diobati.

Kista dapat meradang, setelah peradangan mereda, kantung masih tersisa dan bisa meradang lagi. Membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk hilang dan bahkan akan meninggalkan bekas luka.

2. Pori-pori Kulit Tersumbat
Pori-pori dapat menghasilkan sebum. Ketika sebum dikombinasikan dengan minyak atau kotoran, maka dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat dan berpotensi memicu munculnya komedo bahkan jerawat.

Untuk menghindari dan meminimalisasi terjadinya kulit tersumbat, maka harus rajin dilakukan eksfoliasi. Ekfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran dan mengangkat sel kulit mati.

3. Memasuki Waktu Menstruasi
Saat memasuki waktu menstruasi, beberapa wanita kerap mengalami beragam ‘permasalahan’. Sebagian dari mereka ada yang mengalami perubahan mood, merasakan sakit di area tertentu, hingga tumbuh jerawat.

4. Sering Menyentuh Wajah
Tangan kita tidak selalu dalam keadaan bersih. Oleh karena itu, terlalu banyak menyentuh wajah juga dapat berpotensi memicu terjadinya jerawat karena kotoran atau kuman dari kuku jari. Maka minimalisasi sentuhan terhadap wajah untuk mengurangi potensi munculnya jerawat.

Kehadiran jerawat memang kerap membuat kita jengkel dan kesal. So untuk meminimalisasi munculnya jerawat, hindari beberapa kegiatan penyebab munculnya jerawat di atas ya. (Dhea Amellia/JOB)***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: India Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x