Jangan Dibuang! Ternyata Ampas Kopi Punya Beragam Manfaat

- 27 Oktober 2020, 15:38 WIB
Bubuk kopi.
Bubuk kopi. /PEXELS



PRFMNEWS
- Kopi adalah olahan dari biji kopi yang sudah halus. Kopi memiliki banyak macam dan citarasa yang berbeda-beda.

Pada perkembangannya, kopi disajikan dalam keadaan hangat atau dingin juga dengan berbagai topping tambahan. salah satu olahan kopi yang terkenal ialah Dalgona Coffe.

Saat sudah selesai meminum kopi, ampas kopi kerap dibuang begitu saja. Padahal ampas kopi memiliki manfaat seperti berikut:

Membantu merawat kulit
Untuk membatu merawat kulit anda, ampas kopi tak perlu bahan tambahan apapun. Anda cukup meratakan ampas kopi ke kulit anda.

Baca Juga: Disparbud Jabar Beri Perhatian Khusus di Lokasi Wisata Gratis untuk Cegah Klaster Baru

Pijat juga secara perlahan lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Untuk merawat kulit menggunakan ampas kopi ini bisa anda gunakan untuk menghilangkan selulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Merawat kesehatan rambut
Tak hanya bermanfaat untuk kulit, ampas kopi juga bisa anda tambahkan sebagai daftar perawatan rambut. Ada berbagai manfaat kopi untuk rambut anda seperti:

a. Mempercepat pertumbuhan rambut dengan menggosokkan ampas kopi ke kulit kepala sebelum keramas. Beri sedikit pijatan sambil anda membalurkan ampas kopi ke kulit kepala.

Baca Juga: Mudah dan Bisa Lewat HP, Begini Cara Cek Data Penerima Bansos dari Kemensos

b. Meningkatkan warna rambut bisa anda dapatkan dengan merendam rambut di ampas kopi. Selain meningkatkan warna merendam rambut dalam ampas kopi juga akan terlihat berkilau walau tanpa terkena sinar matahari.

c. Membuat rambut berkilau dengan ampas kopi bisa anda dapatkan dengan mencampurkan ampas kopi dengan kondisioner. Ratakan campuran tersebut sambil pijat dengan lembut kulit kepala anda. Untuk hasil yang memuaskan, anda bisa mengulanginya seminggu sekali.

Menghilangkan bau amis
Setelah memasak anda akan merasa risih dengan bau amis dari olahan makanan laut yang menyengat.

Untuk menghilangkan bau amis, anda cukup siapkan ampas kopi dan sabun cuci tangan. Caranya anda ratakan ampas kopi ke seluruh permukaan tangan sambil sedikit digosok lalu cuci tangan menggunakan sabun lalu bilas.

Baca Juga: Tanggul Sungai Rawan Jebol, Diskar PB Minta Warga Waspada

Bau amis akan hilang tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang besar.

Menjaga kesehatan tumbuhan
Tak hanya untuk perawatan tubuh ampas kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tanaman anda.

Anda bisa mencampurkan ampas kopi dalam tanah yang berisikan benih tanaman.

Hal tersebut dapat memperkaya kandungan dalam tanah juga dapat dijadikan untuk pupuk cair. Caranya anda cukup campurkan ampas kopi dengan air lalu diamkan semalaman. Pupuk cair siap disemprotkan kebatang dan daun tanaman.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x