Termasuk Kopi! Ini 12 Bahan Alami yang Dapat Redakan Gejala Asam Urat

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rian Firmansyah
5 Makanan Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Kamu Pasti Sering Konsumsi!
5 Makanan Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Kamu Pasti Sering Konsumsi! /ist/

BANDUNG, PRFMNEWS - Bagi kamu penderita asam urat, pasti dihantui rasa khawatir akan rasa nyeri yang bisa datang kapan pun.

Asam urat adalah sebuah penyakit yang banyak diketahui oleh masyarakat karena rasa sakitnya yang dapat menghambat keseharian para penderitanya. Penyakit asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena terdapat penumpukan kristal asam urat.

Penyakit ini dapat muncul pada sendi manapun di tubuh, seperti di jari kaki, lutut, pergelangan kaki, hingga yang paling sering terjadi pada jempol kaki.

Asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, hingga muncul rasa panas di area persendian.

Baca Juga: Jadwal Pengundian Nomor dan Debat 3 Paslon Cagub Cawagub Pilkada Jakarta, Catat Tanggal Penting ini

Asam urat sendiri dapat muncul apabila terdapat penumpukan purin yang berlebihan sehingga nantinya akan membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendiri atau jaringan sekitarnya yang kemudian menyebabkan rasa sakit, peradangan, hingga pembengkakan.

Sebetulnya, asam urat adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Meski begitu, mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dapat menurunkan asam urat.

Selain itu, penderita asam urat juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, dan menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan asam urat dalam tubuh.

Di samping mengonsumsi obat dari dokter dan menjalankan gaya hidup sehat, terdapat beberapa obat asam urat alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu penderita dalam mengendalikan gejala asam urat.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub