Ketahui Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
Cara Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi
Cara Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi /Pexels/Anna Nekrasevich"

BANDUNG, PRFMNEWS - Jerawat yang membandel sering kali mengganggu, terutama ketika muncul di area wajah yang dapat mempengaruhi penampilan.

Masalah jerawat bisa dialami oleh siapa saja, meskipun lebih sering terjadi pada remaja yang sedang dalam masa pubertas. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan jerawat dan bagaimana cara mengatasinya?

Jerawat, atau acne vulgaris (AV), adalah kondisi peradangan kronis pada kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan munculnya komedo, papul, kista, dan pustul. Area tubuh yang sering ditumbuhi jerawat termasuk wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung.

Baca Juga: 6 Cara Kempeskan Jerawat dalam Semalam

Kondisi ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor risiko, seperti, faktor genetik, faktor lingkungan, Ffaktor hormonal, gaya hidup yang kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kurang tidur, stres, hingga pola makan, Penggunaan kosmetik dan obat-obatan.

Selain faktor risiko tersebut, penyebab utama jerawat yaitu, Penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea. Produksi minyak berlebih (sebum), Pertumbuhan bakteri Propionibacterium Scnes. Peradangan akibat reaksi terhadap bakteri atau kuman di kulit. Serta penggunaan produk-produk yang dihasilkan bakteri atau kuman tersebut.

Jika jerawat dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, dampaknya tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan dan menurunkan rasa percaya diri, tetapi juga dapat memicu komplikasi kulit yang lebih serius.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Kulit Wajah, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Komplikasi ini biasanya berupa noda hitam, bekas luka atau bopeng (scar acne), depresi, hingga dalam beberapa kasus dapat muncul keloid.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub