Inilah 5 Alasan Mengapa Penting Makan Sayuran Setiap Hari

Penulis: TIM PRFM
Editor: Asep Yusuf Anshori
Ilustrasi - Sayuran
Ilustrasi - Sayuran /KarawangPost/Foto/Pixabay - JerzyGorecki

PRFMNEWS - Sejak kecil, kita sering diajarkan bahwa makan sayur penting untuk kesehatan. Kini, kita memahami bahwa sayur memang merupakan makanan yang sangat bermanfaat. Namun, apakah Anda tahu secara spesifik apa manfaat sayur bagi kesehatan?

Dibandingkan dengan buah, sayuran mengandung serat yang lebih tinggi. Sayur terdiri dari beberapa jenis, seperti sayuran yang berasal dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan kecambah.

Contoh sayuran dari akar meliputi wortel, kentang, dan lobak. Batang tanaman seperti asparagus, talas, batang pisang, dan bawang daun juga bisa dijadikan sayur. Daun tanaman seperti bayam, sawi, kol, daun katuk, daun seledri, daun singkong, dan kangkung juga dimanfaatkan sebagai sayur.

Baca Juga: Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa bunga, seperti brokoli, kembang kol, bunga turi, jantung pisang, dan bunga kecombrang, juga bisa dijadikan sayur. Selain itu, beberapa jenis buah seperti gambas, pare, terong, tomat, dan timun sering dijadikan sayuran. Kecambah kacang hijau dan kecambah kedelai juga sering digunakan sebagai sayur.

Sayuran kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Bahkan, kita dianjurkan mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah dengan total 400 gram per hari karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Sayur dan buah adalah makanan super yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius, seperti:

Baca Juga: Ada Pawai Kendaraan Hias di Kota Bandung Minggu 15 September 2024, Waspada Macet di Titik Ini

- Penyakit Jantung

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub