Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang /Pixabay/stevepb/

BANDUNG, PRFMNEWS - Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini bisa dinikmati dengan beragam cara, seperti dimakan secara langsung, digoreng, dikukus, atau dicampur dengan bahan lainnya. Selain rasanya yang lezat, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat dan khasiat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Indonesia.

1. Membantu Atasi Hipertensi

Kalium yang terdapat dalam pisang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, yang membantu menstabilkan tekanan darah. Serat pangan dalam pisang memiliki kemampuan mengikat lemak, sehingga dapat mencegah pembentukan plak. Plak ini dapat mempersempit atau menyumbat pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Makanan dari Bahan Dasar Buah Pisang Cocok untuk Ide Jualan

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Pisang mengandung banyak vitamin dan serat. Dibandingkan dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat serta lima kali lipat vitamin A. Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium dan kalium, yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Pisang Memperlancar Metabolisme

Tidak perlu menggunakan obat. Bagi Anda yang mengalami kesulitan buang air besar, mengonsumsi pisang dapat menjadi solusi alami. Pisang membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh selama proses metabolisme.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub