Tunjang Keselamatan Berkendara, Ini Cara Kerja Rem ABS dan CBS di Motor Honda

Penulis: Rian Firmansyah
Editor: Tim PRFM News
Rem ABS dan CBS motor Honda
Rem ABS dan CBS motor Honda /

BANDUNG, PRFMNEWS - Fitur dan teknologi penunjang keselamatan berkendara terus berkembang, terutama pada sistem pengereman sepeda motor. Pada sepeda motor Honda, sistem pengereman telah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan Combi Brake System (CBS).

Meskipun keduanya berfungsi untuk meningkatkan keamanan saat pengereman, ABS dan CBS memiliki perbedaan penting. ABS bekerja secara elektronik untuk mencegah ban mengalami slip saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking.

Baca Juga: Bey Machmudin Langsung Ajak 120 Anggota DPRD Jabar yang Baru untuk Langsung Majukan Jabar

Sementara itu, CBS bekerja secara mekanis untuk mengoptimalkan pengereman dengan mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora Ade Rohman menjelaskan, teknologi ini dirancang untuk memberikan keselamatan pada pengendara.

"Teknologi ABS dan CBS yang diterapkan pada sepeda motor Honda dirancang untuk memberikan tingkat keselamatan yang lebih tinggi bagi pengendara, terutama dalam menghadapi kondisi jalan yang tidak terduga," katanya.

Baca Juga: Seorang Pengendara Motor Tewas Tertabrak KA Pasundan di Perlintasan Antara Cimekar-Rancaekek

Fungsi dan Cara Kerja Rem ABS

ABS berfungsi untuk menjaga agar ban motor tidak terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak, sehingga risiko tergelincir akibat penguncian roda dapat dihindari. Fitur ini bekerja berdasarkan sensor kecepatan roda (wheel speed sensor) yang mendeteksi ketika roda berhenti berputar sementara motor masih melaju.

Informasi dari sensor tersebut dikirim ke dan diproses oleh Electronic Control Unit (ECU). ECU kemudian memerintahkan ABS modulator untuk mengatur tekanan fluida di dalam kaliper, yang berfungsi memberikan tekanan pada cakram.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub