5 Manfaat Jahe Sebagai Obat Herbal Baik untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ilustrasi jahe.
Ilustrasi jahe. /Pixabay

BANDUNG, PRFMNEWS - Indonesia merupakan negara yang ditumbuhi rempah-rempah yang beragam. Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal seperti daun sirih, kunyit, gingseng, kencur dan yang lainnya.

Ada salah satu tanaman yang paling sering digunakan sebagai obat herbal yaitu jahe. Jahe memiliki kandungan senyawa yang aktif dan baik untuk kesehatan. Jahe diketahui memiliki kandungan kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc.

Berikut manfaat jahe bagi kesehatan.

1. Mengurangi Bantuk

Batuk dapat membuat kamu sulit bernapas dan jika terus berlanjut dapat mengganggu aktivitas kamu Batuk dapat menyebabkan ketidaknyamanan tidak hanya pada orangnya tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, batuk kering juga bisa berdampak buruk pada tenggorokan yang seringkali disertai rasa gatal. Jahe menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi masalah ini. Sensasi hangat yang timbul setelah mengonsumsi jahe dapat mengendurkan otot tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk.

Baca Juga: Obat Batuk Pilek dan Badan Meriang Hanya dengan Jahe, kata dr. Zaidul Akbar

2. Membantu Mengeluarkan Dahak

Batuk yang mengeluarkan dahak juga menjadi keluhan umum. Penderita batuk akan kesulitan mengeluarkan dahak sehingga dapat mengiritasi saluran pernafasan. Untuk mengencerkan dahak dan mengeluarkannya lebih cepat dengan mengonsumsi jahe juga bisa menjadi pilihan. Ini akan melegakan tenggorokan kamu dan memungkinkan kamu bernapas dengan lancar kembali.

3. Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub