Terbukti Ampuh Libas Perut Buncit, Resep Herbal 2 Bumbu Dapur ini Bikin Lemak Cepat Luntur, Kata Pakar IPB

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ilustrasi perut buncit lemak berlebihan.***
Ilustrasi perut buncit lemak berlebihan.*** /pexels.com @Andres Ayrton/



PRFMNEWS –
Perut buncit kini bisa dialami siapa saja, tak hanya orang usia tua, mereka yang masih muda baik perempuan maupun laki-laki, berpotensi mengalami kondisi ini. Timbunan lemak berlebih pada perut ini bisa memicu obesitas yang rawan mengakibatkan komplikasi penyakit serius di hampir semua organ vital tubuh.

Tim riset Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipimpin Prof. Dyah Iswantini Pradono menemukan resep obat herbal atau bahan alami terbukti ampuh untuk mengecilkan perut buncit dan mencegah obesitas atau badan terlalu gemuk akibat penumpukan lemak berlebih.

Resep obat herbal peluntur lemak sehingga bisa mengusir perut buncit dan menurunkan berat badan sehingga tubuh kembali langsing ideal ini ternyata terdiri dari dua bahan bumbu dapur yang mudah ditemukan di pasar.

Penelitian dua bumbu masak ini dilakukan pakar IPB tersebut bersama timnya mengingat bahaya perut buncit jika dibiarkan bisa memicu darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (hiperlipidemia), diabetes, kelainan jantung, kanker, gangguan pernapasan, hingga kelainan sendi pada penderita usia lanjut.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Perut Buncit Kata dr. Saddam Ismail, Nomor 1 Banyak yang Lakukan

Obat herbal untuk mengempiskan perut buncit dan ampuh menurunkan berat badan dengan membuat lemak mudah luntur yang berhasil ditemukan oleh tim riset Prof Dyah Iswantini Pradono ini, yaitu kombinasi ekstrak asam gelugur dan rimpang kunci pepet.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Dyah dan timnya menemukan formula baru dari kombinasi bahan herbal ekstrak asam gelugur dan kunci pepet yang terbukti menjadi dosis terbaik sebagai pelangsing tubuh alami.

“Bangsa kita (Indonesia) sejak lama sudah mengenal rimpang-rimpangan sebagai obat tradisional atau jamu. Kami menggunakan komoditas lokal sebagai wujud mengembangkan produk dalam negeri,” tuturnya, dikutip prfmnews.id dari laman resmi IPB.

Sementara itu, Dr. Novriyandi Hanif menjelaskan bahwa kunci pepet mengandung senyawa aktif kelompok kalkon flavokawain. Senyawa tersebut berpotensi sebagai anti obesitas.

Kombinasi senyawa aktif pada tumbuhan kunci pepet (flavokawain) dan senyawa aktif pada asam gelugur (HCA) akan menghasilkan efek anti obesitas yang luar biasa dan dapat meluruhkan lemak khususnya pada area perut.

Baca Juga: Dua Jurus Hilangkan Perut Buncit Tanpa Olahraga Kata dr. Zaidul Akbar

Resep kombinasi obat alami ini, kata Dyah, tidak akan memberi efek samping karena kedua bahan tersebut sudah melalui pengujian toksisitas.

“Selain memiliki dampak dalam meluruhkan lemak berlebih, penggunaan produk ini sudah melalui uji toksisitas yang menunjukkan hasil tidak adanya efek samping,” ujarnya.

Dosen IPB University itu menjelaskan, uji toksisitas merupakan pengujian untuk mendeteksi efek toksik pada produk yang diuji. Pengujian ini bertujuan untuk menentukan batas keamanan suatu bahan sehingga batas penggunaan obat dapat ditentukan.

Dyah menerangkan pula, produk ini akan menjadi karya anak bangsa karena penggunaan bahan-bahannya yang asli berasal dari dalam negeri.

Baca Juga: Bikin Kenyang Seharian, Ini 7 Rekomendasi Menu Sarapan yang Bisa Bantu Ratakan Perut Buncit

“Asam gelugur merupakan rimpang yang sering ditemui pada bumbu masak, bahan perasa minuman, hingga kosmetik. Sedangkan kunci pepet termasuk rempah-rempah rimpang yang digunakan pada jamu. Sehingga semua tanaman penyusun obat herbal pelangsing ini mudah ditemukan di sekitar kita,” jelasnya.

Penelitian yang diketuai oleh Dyah ini mendapat pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui program pendanaan Riset Inovatif Produktif (Rispro) Invitasi.***


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub