10 Makanan yang Disebut dalam Al-Quran ini Punya Manfaat yang Luar Biasa

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rifki Abdul Fahmi
ilustrasi al quran, ilustrasi puasa, ilustrasi ramadhan
ilustrasi al quran, ilustrasi puasa, ilustrasi ramadhan /Pixabay/cahiwak/

PRFMNEWS - Menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan adalah hal yang sangat penting, terutama di musim kemarau seperti sekarang ini.

Musim kemarau adalah suatu kondisi di mana berbagai daerah mengalami kekeringan atau kekurangan air dan tidak turun hujan. BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024.

Kondisi cuaca panas ekstrem di musim kemarau ini akan memberikan kontribusi terhadap kurangnya pasokan air dan berkembangnya beberapa penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim kemarau.

Penyakit penyerta yang biasa timbul tersebut diakibatkan kurangnya pasokan air bersih dan tercemarnya air dengan bakteri e-coli.

Baca Juga: Simak Penjelasan Dokter Zaidul Akbar tentang Saran Hewan Kurban Terbaik, Mengutip Ayat Al Quran

Sedikitnya pasokan air akan membuat virus dan bakteri terkonsentrasi dan menjadi banyak dalam pasokan air yang tersedia. Selain itu, kondisi kemarau yang diiringi dengan kelembaban udara, juga menjadi salah satu faktor yang akan berisiko menimbulkan beberapa penyakit yang perlu diwaspadai bersama.

Hubungan antara asupan makanan dan kesehatan, juga termasuk fungsi sistem imun sudah diketahui sejak berabad-abad lalu. Nutrisi dari makanan punya peranan sangat penting untuk membangun imunitas tubuh yang kuat.

Bahkan, pada Al-Quran dan Hadis sendiri sudah menulis dan menerangkan beberapa bahan makanan yang terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam sebuah jurnal ilmiah yang berjudul Foods of the Quran and Sunnah, that ensure good nutrition to support the normal functioning of the immune system", disebutkan beberapa bahan makanan berperan penting untuk mencegah beragam penyakit, termasuk dari infeksi virus.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub