Mudah! Begini Tips Simpan dan Olah Daging Kurban yang Benar Agar Tetap Awet dan Sehat dari BPOM

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi daging kurban empuk dengan menggunakan daun pepaya dan nanas. / Pixabay/Hanna
Ilustrasi daging kurban empuk dengan menggunakan daun pepaya dan nanas. / Pixabay/Hanna /

PRFMNEWS – Bagaimana cara menyimpan dan mengolah/memasak daging hewan kurban termasuk sapi maupun kambing/domba agar tetap awet dan sehat ketika dikonsumsi? Pada momen Idul Adha atau disebut pula Lebaran Haji, pertanyaan mengenai hal tersebut tak jarang ingin diketahui sejumlah masyarakat.

Saat Idul Adha, daging hewan kurban sapi hingga kambing/domba biasanya dibagi-bagikan ke sejumlah masyarakat yang berhak mendapatkan dalam kondisi mentah, untuk selanjutnya diolah dan dikonsumsi. Beberapa di antaranya langsung memasak daging yang didapat, namun ada pula yang disimpan terlebih dahulu di kulkas.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI berbagi tips menyimpan dan mengolah daging kurban yang baik dan benar agar kualitas kondisi daging tetap awet dan sehat saat dimakan. Mulai dari mencuci/membersihkan, memotong, disimpan di chiller dan freezer kulkas, melelehkan daging beku, hingga dimasak. Cara-cara ini dibagikan di akun Instagram @bpom_ri, Minggu 16 Juni 2024.

Kondisi alat-alat yang dipakai untuk memotong daging kurban hingga tempat menyimpannya ternyata punya pengaruh besar dalam hal menjaga kualitas daging sapi maupun kambing/domba. Berikut rincian tips menyimpan dan mengolah daging kurban Lebaran Idul Adha menurut BPOM RI.

1. Tips Menyimpan Daging Kurban

- Sebelum disimpan, bersihkan kotoran atau sisa darah yang menempel pada permukaan daging

- Potong daging menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan, gunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging dan jeroan

- Masukkan daging ke dalam wadah penyimpanan yang bersih dan kedap udara

- Segera simpan pada bagian chiller (suhu dingin) sebelum dimasukkan ke dalam freezer (suhu beku)

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub