Berikut Sejumlah Tips untuk Bisa Redam Amarah

- 7 Oktober 2020, 18:58 WIB
Ilustrasi marah.
Ilustrasi marah. /Pexels/Andrea P

PRFMNEWS - Marah adalah salah satu bentuk ekspresi manusia terhadap suatu hal yang dihadapinya. Ada macam-macam ekspresi yaitu marah, senang, sedih dan marah muncul saat seseorang dihadapkan dengan kejadian yang tidak menyenangkan.

Ada yang dipendam dan diluapkan. Amarah sebaiknya diluapkan karena jika hanya dipendam akan memicu stres dan depresi. Juga jika amarah berlangsung dalam waktu yang lama akan mengakibatkan tekanan darah tinggi, gangguan jantung, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Untuk itu anda harus mengurangi amarah dengan menenangkannya. Berikut cara untuk menenangkan pikiran dilansir prfmnews.id dari berbagai sumber:

Baca Juga: Blt Rp600 Ribu Tahap 5 Mulai Disalurkan Hari Ini, Menaker Pastikan Penyaluran Tepat Sasaran

  1. Mengatur stres

Saat anda bisa mengatur stres, anda bisa menenangkan pikiran dengan cara anda. Kunci untuk menyelesaikan masalah ialah ketenangan pikiran, dan saat anda bisa mengelola stres, pikiran akan bisa menemukan solusi yang tepat. Juga saat anda bisa mengatur stres anda sendiri, dalam situasi apapun. Masalah datang pada saat yang tidak terduga dan anda harus siap dengan segala masalah yang dihadapi. Saat ada masalah yang datang, anda bisa mengelola stres, dan berfikir jernih untuk menyelesaikan masalah yang datang.

  1. Fokuskan pada hal lain

Alihkan perhatian anda pada suatu hal saat stres sudah semakin menjadi-jadi. Anda bisa mengalihkan fokus anda kepada hal lain seperti berolahraga, berlibur, menikmati udara segar ataupun menenangkan diri dengan sendirian. Anda bisa melakukannya sesuai kepribadian anda. Setelah pikiran tenang anda akan bisa menyelesaikan masalah tanpa harus mengeluarkan amarah.

Baca Juga: Kecam UU Cipta Kerja, FSGI: Kami Khawatir Pendidikan jadi Barang Dagangan

  1. Ketahui dan selesaikan masalahnya

Anda harus tahu masalah apa yang sedang datang. Cari tahu kepada yang bersangkutan, bagaimana bisa terjadi dan hal lain sampai anda menemukan masalah utamanya. Saat anda menemukan masalah utamanya, anda dapat menyelesaikan masalah lain juga yang ikut terlibat. Sesudah anda menemukan apa masalahnya, selesaikan dengan kepala jernih tanpa harus menyalahkan orang lain, juga perhatikan ucapan anda agar tidak melukai hati orang lain.  

  1. Rileks

Anda harus bisa menenangkan diri sejenak, saat masalah tiba-tiba datang dan harus segera diselesaikan. Anda harus bisa menenangkan pikiran untuk bisa memutuskan keputusan yang terbaik. Namun jika anda dalam keadaan stres, anda tak akan menemukan solusi yang terbaik. Sebaiknya anda rileks sejenak dengan cara ini

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Alodokter.com Tips Pengembangan Diri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x