Empat Tips Menikmati Makanan Pedas Agar Tubuh Tetap Nyaman

- 5 Oktober 2020, 20:20 WIB
Ilustrasi makanan pedas.
Ilustrasi makanan pedas. /pexels/ponyo-sakana



PRFMNEWS
- Indonesia kaya akan kuliner yang bercita rasa pedas. Namun hal tersebut bukan jaminan semua orang indonesia bisa menyantap makanan pedas.

Salah satu alasan diantaranya yakni karena faktor kondisi tubuh yang tidak memungkinkan atau ada juga yang memang tak terbiasa makan pedas.

Bagi Anda yang tak terbiasa menyatap makanan pedas dan ingin mencoba makan, berikut ini empat tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menikmati makanan bercitarasa pedas.

Baca Juga: Tegas! Luhut Minta Produsen Obat Covid-19 untuk Tidak Membuat Harga yang Tinggi

Kadar pedas
Jika anda ingin memulai tahap bisa memakan makanan pedas, tips ini bisa dilakukan. Dalam memesan makanan pasti akan ada kadar kepedasan sesuai selera.

Anda bisa memesan makanan sesuai kadar pedas anda dan cobalah tingkatkan kadar kepedasan sedikit demi sedikit. Jika lidah anda mulai bersahabat dengan kadar yang sudah ditingkatkan, terus tingkatkan lagi secara perlahan. Jangan terburu-buru untuk langsung mencoba kadar pedas yang tinggi karena akan berakibat fatal. So tingkatkanlah secara bertahap.

Makan Secara Perlahan
Saat anda merasa pedas yang membakar, jangan terburu-buru untuk meminum air dingin.

Cobalah untuk makan secara perlahan. Karena hal ini akan membiasakan lidah anda terhadap rasa pedas. Perlahan lidah anda akan mulai beradaptasi dengan rasa pedas tersebut.

Baca Juga: 4 Calon Kepala Daerah pada Pilkada Serentak 2020 Meninggal Dunia, 3 Karena Covid-19

Dengan sudah terbiasanya lidah dengan hal tersebut, saat anda makan pedas untuk yang kesekian kalinya takkan terlalu menyakiti lidah anda lagi.

Minum Susu
Susu memang sudah dikenal dapat menetralkan rasa pedas. Tak hanya menetralkan rasa pedas dilidah, namun juga rasa panas dalam perut.

Jadi saat anda makan pedas sediakan susu untuk bisa menetralkan rasa pedas. Hindari meminum minuman yang mengandung es atau minuman dingin karena hal tersebut akan semakin menyiksa lidah anda dengan rasa pedas. Jadi saat makan makanan pedas, minuman pendamping yang tepat ialah susu.

Baca Juga: Total Positif Corona di Kota Bandung Mencapai 1.424 Kasus

Santap makanan yang Bertekstur Berbeda
Untuk menghilangkan rasa pedas anda bisa mengkonsumsi makanan dengan tekstur berebda. Seperti saat anda memakan seblak yang bercitarasa pedas dengan teksturnya lembut, anda bisa menetralkannya dengan kerupuk yang memiliki tekstur renyah.

Pastikan rasa dari kerupuk tidak memiliki rasa pedas, karena hal tersebut akan membuat rasa pedas menjadi-jadi dan lidah tidak ‘beristirahat’ dari rasa pedas yang perlahan bisa merasakan ‘mati rasa’. Jadi pastikan teman saat anda menyantap pedas tidak memiliki rasa pedas juga.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x