Memelihara Hewan Ternyata Punya Manfaat Kesehatan untuk Manusia Lho! Apa Saja?

- 29 September 2020, 22:06 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan.
Ilustrasi hewan peliharaan. /susannp4/PIXABAY

PRFMNEWS – Aktivitas memelihara hewan merupakan satu dari berbagai cara bagi manusia untuk menyalurkan hobi. Selain itu, diketahui bahwa aktifitas memelihara hewan juga punya manfaat kesehatan bagi manusia.

Bagaimanapun rupanya, hewan sejatinya hewan merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang harus sama-sama kita jaga. Pasalnya, hewan turut memegang peranan penting pada ekosistem.

Bagi anda yang ingin memelihara hewan pastikan, pastikan bukan bukan hewan yang dilindungi. Hewan yang biasanya bisa dipelihara diantaranya kucing, anjing, burung, ayam dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pemprov Jabar Sebut Tingkat Pencemaran Sungai Citarum Menurun

Bagi anda yang ingin memelihara maupun anda yang sedang memelihara hewan di rumah, berikut adalah ini beragam manfaat kesehatan yang bisa didaptkan karena memelihara hewan:

Dapat menghindari penyakit jantung
Saat anda memiliki hewan peliharaan ia terkadang membuat tingkah yang menggemaskan. Dan hal tersebut ternyata dapat menghilangkan stres lho!

Dengan seringnya anda bermain dengan hewan, akan memperkecil kemungkinan anda memiliki penyakit jantung. Karena saat anda bermain dengan, anda akan merasa rilex juga mengurangi stres.

Baca Juga: Duh, Pengendara Motor di Bandung Nyaris Alami Kecelakaan, Leher Tersangkut Kabel Pas Lagi Ngebut

Mengurangi rasa sakit
Saat anda bermain dengan hewan peliharaan selama 15 menit memiliki efek mengurangi rasa sakit tanpa obat. Bahkan luka setelah operasi dapat terasa berkurang saat kita bermain dengan hewan kesayangan kita. Selain tingkah gemasnya, terkadang ia pun akan menemani dan menjaga anda. Bahkan jika anda sudah sangat dekat dengan hewan peliharaan anda, ia juga turut merasakan apa yang anda rasakan.

Mengurangi kemungkinan alergi pada anak
Alergi adalah reaksi pada kekebalan tubuh terhadap benda tertentu yang biasanya reaksi dari alergi berupa pilek, ruam gatal bahkan sesak nafas. Benda yang bisa memicu alergi atau alergen biasanya makanan, minuman, dan lain-lain yang masih ada disekitar kita. Alergi dapat dideteksi saat masih kecil. alergi pasti akan sangat mengganggu aktifitas anda. Namun alergi akan kecil kemungkinan dimiliki oleh anda yang memelihara hewan dirumah sejak kecil.

Baca Juga: PSSI Harap Liga 1 Bisa Digelar Bulan November

Membantu mendeteksi kanker
Tak semua hewan bisa mendeteksi kanker kelebihan ini. Hal menakjubkan ini hanya dimiliki oleh anjing jenis Labrador dan Portugis. Dalam pengujian dokter di California, anjing dapat mendeteksi kanker melalui nafas pasien. Tak tanggung-tanggung tingkat akuratnya pun hampir mencapai angka sempurna, yaitu sampai 99 persen. Hal ini dikarenakan anjing memiliki 220 juta sel indra penciuman sedangkan manusia hanya memiliki 5 juta sel saja.

Mengurangi rasa kesepian
Saat anda memiliki hewan peliharaan, anda bisa bermain menghabiskan waktu dengannya. Mungkin jika anda dirumah sendirian dan dirumah hanya ada anda dan hewan peliharaan anda, mustahil anda akan merasa kesepian. Karena saat anda pergi ataupun melakukan sesuatu ia pasti mengikuti bahkan akan berinteraksi dengan apa yang anda punya.***(Dian Meilani/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x