Tips Mencegah Buah yang Sudah Dipotong Berwarna Coklat

- 29 September 2020, 15:00 WIB
Ilustrasi buah-buahan. /PIXABAY/Riocold
Ilustrasi buah-buahan. /PIXABAY/Riocold /

PRFMNEWS - Sebagian orang mungkin kerap memotong buah dalam waktu bersamaan secara sekaligus. Ini karena proses lebih praktis dan dapat menghemat waktu.

Tetapi tak jarang buah yang sudah dipotong dan disimpan dalam waktu yang cukup lama berubah menjadi warna coklat. Tentu ini membuat tampilan buah menjadi kurang menarik dan tidak segar.

Seperti dikutip dari Easy Lunch box, berikut ini tips yang dapat kamu coba agar buah yang sudah dipotong tetap segar dan tidak berwarna coklat.

Baca Juga: Polri Tak Keluarkan Izin Keramaian, PSSI Resmi Putuskan Tunda Kick Off Lanjutan Liga 1 2020

1. Potong Buah di Dalam Air
Warna coklat pada buah yang sudah dipotong dapat disebabkan oleh oksidasi. Untuk mencegah proses oksidasi tersebut kamu bisa mencoba memotong buah di dalam air.

2. Olesi atau Celupkan ke dalam Perasan Lemon
Lemon memiliki kandungan asam yang bersifat anti bakteri, kandungan ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab warna coklat pada irisan buah. Karenanya tak ada salahnya mencoba untuk mengolesi atau mencelupkan irisan buah ke dalam air lemon.

3. Coba Rendam Pakai Air Ini Yuk!
Air garam, air minuman jahe, dan air cuka sama seperti lemon memiliki sifat anti bakteri. Jadi cobalah rendam irisan buah dalam air yang telah dicampur beberapa bahan tadi selama 5-10 menit. Ini supaya buah yang sudah dipotong tetap segar dan tidak menjadi warna coklat.

Baca Juga: Masker Scuba Dilarang Pemerintah, Pedagang: Dulu Sehari 30, Sekarang Sehari Cuma Laku 1

4. Taburi dengan Bubuk Asam Askorbat
Asam askorbat dapat diperoleh dari Vitamin C. Cobalah menaburkan bubuk vitamin C untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab buah yang sudah dipotong menjadi warna coklat.

5. Bungkus Irisan Buah dengan Rapat
Untuk mengurangi udara masuk mengenai buah dan berpotensi memicu terjadinya warna coklat, maka bungkus kembali buah yang tealh dipotong. Gunakanlah plastik atau wadah untuk membungkusnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Easy Lunch Box


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x