Jika Bersepeda Malam Hari, Kemenhub Minta Pesepeda Pasang Lampu dan Pemantul Cahaya

- 27 September 2020, 14:46 WIB
 Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (14/6/2020) pagi ini dipenuhi oleh masyarakat yang berolahraga menggunakan sepeda. Terlihat banyak sekali pesepeda yang melintas dan tidak sedikit juga dari mereka berswafoto di pinggir jalan. *Rizky Perdana/ PRFM
Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (14/6/2020) pagi ini dipenuhi oleh masyarakat yang berolahraga menggunakan sepeda. Terlihat banyak sekali pesepeda yang melintas dan tidak sedikit juga dari mereka berswafoto di pinggir jalan. *Rizky Perdana/ PRFM /*Rizky Perdana/ PRFM

PRFMNEWS - Saat ini bersepeda menjadi sebuah tren. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta warga mengutamakan keselamatan saat bersepeda.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta warga untuk bersepeda dengan mematuhi rambu-rambu yang ada.

"Seperti kita ketahui bersama sepeda saat ini menjadi tren di masyarakat pada masa pandemi Covid-19, olahraga bersepeda bagus sekali untuk menjadi metabolisme tubuh kita. Untuk itu kita lakukan Sosialisasi Aturan Keselamatan Pesepeda di Jalan agar masyarakat tau bagaimana bersepeda yang aman dan nyaman" ucap Menhub Budi Karya.

Baca Juga: Tak Perlu Cari Kemana-mana, Ingin Tahu Dapat BLT Rp2,4 UMKM Atau Tidak Cukup Tunggu SMS

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi memninta warga melengkapi diri dan sepeda dengan peralatan pelindung diri.

Menurut Budi, sepeda yang digunakan warga harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya berwarna putih atau kuning, dan pada pedal.

Baca Juga: Begini Anjuran Kemenhub Soal Bersepeda yang Aman di Jalan Raya

Bahkan, saat malam hari, Budi meminta pesepeda untuk melengkapi sepedanya dengan lampu.

Tak hanya itu, pesepeda pun diminta melengkapi diri dengan rompi atau alat pemantul cahaya untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Dephub


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x