Lima Tips Tingkatkan Kesehatan Ibu Hamil di Tengah Pandemi

- 22 September 2020, 21:44 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /PEXELS/Garon Piceli



PRFMNEWS
- Tidak sedikit perempuan yang sedang mengalami masa kehamilan di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Perlindungan yang ekstra dibutuhkan, agar kesehatan tetap terjaga. Terlebih lagi, ibu hamil lebih rentan terhadap berbagai virus dan bakteri.

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga pada ibu hamil. Namun juga kesehatan mental ibu hamil perlu dijadikan sebuah perhatian khusus. Disebabkan jika ibu hamil mengalami stres maka akan dapat mengganggu pada kandungannya.

Baca Juga: Update 22 September 2020, 12 Orang di Kabupaten Bandung Sembuh dari Corona

Seperti dirangkum prfmnews.id dari laman parenting.firstcry.com, berikut ini lima tips yang dapat dilakukan ibu hamil ketika di masa pandemi:

Keamanan Pertama
Ibu hamil setiap bulan akan rutin memeriksakan kandungannya ke dokter pada sebuah rumah sakit. Pada masa pandemi ini, menemui langsung dengan dokter untuk memeriksakan kehamilan adalah hal yang tidak akan dilakukan.

Yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah selalu konsultasikan pada dokter kandungan perihal kehamilannya misalnya saja menanyakan cara penanganan ketika mengalami gangguan pada kehamilan. Hal ini akan menjadi sangat aman bagi ibu hamil. Sehingga ibu hamil tidak perlu berpergian ke rumah sakit.

Namun, jika memang diharuskan untuk bertemu dengan dokter secara langsung. Tetap menjaga protokol kesehatan. Ketika selesai, segera mandi dan cuci pakaian yang dikenakan ketika menemui dokter.

Baca Juga: BPBD Sebut Desa Pasawahan Kabupaten Sukabumi Paling Parah Terdampak Banjir Bandang

Jalan - jalan
Duduk seharian atau tidak melakukan kegiatan apapun di rumah hanya akan membuat tubuh menjadi lelah. Pergilah keluar rumah sebentar selama 30 menit untuk berjalan - jalan di sekitar rumah dengan jarak yang sangat dekat. Hal ini bertujuan agar tubuh dan pikiran ibu hamil menjadi segar dan rileks.

Dengarkan Musik
Mendengarkan alunan musik yang syahdu dan lembut akan dapat membuat pikiran dan hati ibu hamil menjadi tenang. Kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran dan hati ibu hamil adalah menggambar dan melukis.

Makanan Sehat
Ini hamil akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk pertumbuhan dan perkembangan pada janin yang dikandungnya.

Hindari terlebih dahulu junk food atau makanan olahan yang kurang baik nutrisinya. Perbanyak makan sayur dan buah-buah serta minum air putih.

Baca Juga: Bupati Berau Meninggal Dunia Usai Jalani Perawatan Sebagai Pasien Positif Corona

Merenung
Ketika tubuh mengalami rasa lelah dan stress. Anda dapat mencoba melakukan meditasi selama 10 menit. Pejamkan mata dan renungkanlah bahwa Anda dan sang bayi di kandungan akan baik - baik saja. Bayangkan bahwa Anda akan menyambut sangat buah hati dengan senyuman yang indah.

Berikan sugesti-sugesti yang positif yang membuat menjadi bahagia dan senang. Sehingga rasa lelah dan strees seiring waktu akan menjadi hilang dan lenyap.*** (Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Parenting Firstcry


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x