Lima Cara Mudah Perawatan Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

- 21 September 2020, 17:22 WIB
Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet
Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet /DOK.Yamaha Indonesia/Bagikanberita.com

PRFMNEWS - Rantai merupakan komponen penting pada sepeda motor. Bagian dari rantai perlu dilakukan pengecekan rutin, agar pada saat dipakai selama berkendara sepeda motor terasa aman dan nyaman.

Merupakan hal penting untuk merawat rantai sepeda motor karena komponen tersebut berfungsi menghubungkan putaran yang dihasilkan mesin ke bagian roda belakang.

Pada saat sepeda motor berjalan diberbagai kecepatan rantai harus bekerja dengan baik, karena akan berefek terhadap performa, kenyamanan dan keamanan. Oleh karena itu kami informasikan mengenai cara merawat rantai sepeda motor agar lebih awet.

Baca Juga: Kasus Corona Meningkat, Adam Vojtech Pilih Mundur dari Jabatan Menteri Kesehatan

Faktor dari pemilik sepeda motor juga penting karena jika pemilik sepeda motor tidak secara rutin mengecek kondisi rantai sepeda motor maka kondisi rantai akan semakin bertambah aus dan berkarat. Berikut lima cara mudah menjaga kondisi rantai sepeda motor agar selalu prima saat dibawa jalan :

Lakukan pembersihan sepeda motor terlebih dahulu
Sebelum melakukan perawatan, Kita bisa melakukan pencucian jika kondisi sepeda motor sangat kotor oleh debu dan lumpur. Karena jika menempel di rantai maka akan lebih cepat merusak rantai.

Saat memeriksa rantai pastikan posisi sepeda motor menggunakan main stand dan gear dalam posisi netral

Lumasi rantai sepeda motor anda
Minimal satu minggu sekali atau bisa lebih cepat jika sepeda motor anda sering melewati genangan air dan sering kehujanan. Karena air akan melunturkan pelumasan dirantai. Penting sebelum melumasi rantai kita bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain atau sikat, setelah itu baru kita lumasi menggunakan chainlube.

Baca Juga: Update 21 September 2020, Total Pasien Sembuh dari Corona di Indonesia Bertambah 3.470 Orang

Semprot rantai menggunakan pelumas chainlube
Apabila rantai terlihat kering, semprotkan cairan chainlube ke bagian rantai secara merata terutama bagian pin rantai. Kita dapat menyemprotkan cairan pelumas rantai menggunakan produk dari Yamaha yaitu Yamalube Chainlube yang tersedia di YSS (Yamaha Service Shop) / Bengkel Resmi Yamaha.

Jika rantai terlihat kendor segera lakukan penyetelanBatas jarak bebas rantai 20 mm – 30 mm dan periksa buku service manual untuk setiap modelnya, berikut cara penyetelan rantai yang bisa anda lakukan :

a. Tempatkan roda belakang pada stand yang sesuai, mengacu pada service manual.

b. Posisikan transmisi pada posisi netral.

c. Longgarkan mur poros roda.

d. Tahan baut penyetelan menggunakan tool, dan lepaskan mur pengunci.

e. Setel baut penyetelan sehingga kerenggangan rantai sesuai nilai spesifikasi, dan tanda penepatan pada bagian kiri dan kanan swing arm bertemu titik yang sama pada blok penyetelan.

Baca Juga: Update 21 September 2020, Total Konfirmasi Positif Corona di Indonesia Bertambah 4.176 Kasus

f. Kunci baut penyetelan menggunakan tool, dan kencangkan mur pengunci

g. Periksa kembali jarak kerenggangan rantai, dan jarak antara tanda penepatan pada bagian kiri dan kanan.

h. Jika tanda tidak sama pada bagian kiri atau kanan, roda belakang akan terpasang dalam kondisi miring terhadap garis tengah sepeda motor.

Apabila kondisi rantai sudah terlalu kendor dan indikator stelan rantai sudah batas maksimal, artinya rantai kami sarankan untuk ganti. Dalam penggantian rantai agar presisi rantai dan sprocket depan serta belakang satu set harus diganti. Berikut ilustrasi kondisi rantai normal dan tidak normal.

Kita lihat kondisi rantai yg NG bagian rantai yang bertautan dengan sprocket. Karena rantai yang sudah renggang, beban terkonsentrasi pada bagian sprocket, dan sprocket baru akan aus dengan cepat. Oleh karena itu penggantian rantai disarankan satu set. Penggantian dapat dilakukan di YSS (Yamaha Service Shop) atau Bengkel Resmi Yamaha.

Baca Juga: Hati-Hati Saat Gunakan Handphone, Ada Bahaya dari Blue Light

Nah sekian tips perawatan rantai sepeda motor, apabila rantai sepeda motor anda dalam kondisi baik sesuai dengan spesifikasi maka disaat sepeda motor berjalan dalam kecepatan rendah ataupun tinggi akan terasa nyaman, aman dan menyenangkan dalam berkendara.

Jika anda tidak sempat merawat rantai sepeda motor maka percayakan dan lakukanlah secara rutin service berkala sepeda motor anda di YSS (Yamaha Service Shop) / Bengkel Resmi Yamaha terdekat.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x