Mengenal Maskne dan Tips Mencegah Maskne di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

- 17 September 2020, 14:00 WIB
Penggunaan Masker.
Penggunaan Masker. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita dituntut untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Hal ini sebagai upaya mencegah tertular covid-19

Rutinitas penggunaan masker ini tak jarang memunculkan sebuah masalah, di antaranya maskne. Maskne merupakan sebutan pendek bagi masker acne atau jerawat yang muncul di daerah tertutup masker, seperti dagu dan daerah hidung.

Anda pasti tidak ingin permasalahan maskne datang menghantui bukan? Dikutip prfmnews.id dari Moffitt, berikut ini tips untuk mencegah maskne :

Baca Juga: Ini Daftar dan Jadwal Penutupan Jalan di Kota Bandung yang Berlaku Mulai 18 September 2020

1. Gunakan Bahan yang Tepat
Maskne bisa muncul karena bahan masker yang tidak tepat untuk jenis kulit Anda. Bahan yang tidak cocok dapat menimbulkan alergi bahkan iritasi, di antaranya maskne. Oleh karena itu pilihlah masker dengan bahan yang tepat dan sesuai dengan kulitmu.

2. Kebersihan Adalah Kunci
Keberadaan kuman dalam masker yang kotor dapat memicu timbulnya iritasi kulit. Maka kebersihan masker penting dan perlu diperhatikan. Jangan menggunakan masker yang sama selama berhari-hari dan berkali-kali.

3. Sederhanakan Rutinitas Perawatan Kulit
Buatlah rutinitas perawatan diri sesederhanakan mungkin. Jangan karena kemunculan maskne ini, Anda kemudian mencoba rutinitas baru dengan produk yang baru pula.
Hal terpenting dalam perawatan kulit ini adalah selalu menerapkan double cleansing dan menggunakan pelembab. Tentu, dalam pemilihan produk untuk perawatan pun harus sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca Juga: Selain Memberi Sanksi, Satpol PP Tetap Edukasi Protokol Kesehatan Selama Operasi Yustisi

4. Jangan Lupa Pakai ‘Pelindung Matahari’
Sinar UV-A dan UV-B yang dihasilkan oleh cahaya matahari sangat berbahaya untuk kulit. Hal ini pun dapat menjadi pemicu munculnya maskne. Oleh karena itu penting untuk menggunakan produk yang mengandung SPF alias Sun Protection Factor, seperti sunscreen.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x