Bikin Rumah Makin Terasa Asri dengan Sistem Tanam Hidroponik

- 14 September 2020, 19:46 WIB
WARGA melintas di area tanaman hidroponik Ja­lan Citepus 2, Kota Bandung, Rabu 13 Februari 2019. Luas lahan pertanian yang berkurang akan ber­dampak signifikan pada stabilitas pasokan pangan.*/ARIF HIDAYAH/PR
WARGA melintas di area tanaman hidroponik Ja­lan Citepus 2, Kota Bandung, Rabu 13 Februari 2019. Luas lahan pertanian yang berkurang akan ber­dampak signifikan pada stabilitas pasokan pangan.*/ARIF HIDAYAH/PR /Arif Hidayah



PRFMNEWS
- Pada masa pandemi virus corona seperti ini, banyak masyarakat yang menjadikan kegiatan menanam tanaman sebagai hobi.

Jika anda juga memiliki ketertarikan untuk menanam namun terkendala luas halaman juga tak mau rumah kotor karena tanah yang berserakan, tidak usah khawatir. Anda tetap bisa melakukannya dirumah dengan sistem hidroponik.

Kegiatan menanam tanaman pada masa kini pun tidak memerlukan halaman yang luas. Ya, cara untuk nemanam tanaman tanpa halaman yang luas yakni hidpronik.

Baca Juga: Kota Cimahi Zona Merah Corona, Ajay Sebut Mayoritas Terkonfirmasi Positif Merupakan Kasus Impor

Hidroponik adalah kegiatan menanam dengan air sebagai pengganti tanah. Untuk melakukan tanaman hidroponik anda harus menyiapkan beberapa bahan yaitu, media (tempat), air, unsur hara, dan oksigen.

Meskipun anda tidak memiliki halaman rumah luas, sistem hidroponik merupakan solusi untuk membuat rumah tetap terasa asri.

Apa saja tanaman yang bisa menggunakan sistem hidroponik?

Sayuran

Jika anda ingin menanam tanaman sayuran, ada beberapa tanaman sayuran yang bisa ditanam dirumah. Seperti selada air, mentimun, kangkung, bayam, wortel, cabai, paprika, buncing, bawang daun, kentang dan sawi.

Namun anda harus memerhatikan perkembangan dari sayuran-sayuran tersebut. Jangan sampai tumbuh terlalu besar karena dapat mengurangi sirkulasi yang ada di dalamnya. Kurangnya sirkulasi udara akan membuat tanaman layu atau mati.

Baca Juga: Anggota DPR Kecam Peristiwa Penusukan Terhadap Syekh Ali Jaber

Keuntungan dari menanam sayuran dirumah ialah anda tak perlu jauh- jauh membeli sayuran dipasar. Belum lagi dengan proses yang sampai ke tangan anda belum tentu sehat bagi keluarga. Jadi anda bisa menghemat waktu dan budget.

Buah
jika menanam buah adalah pilihan anda, ada beberapa buah yang dapat ditanam juga dirumah. Diantaranya anda bisa menanam melon, semangka, blueberry, strawberry dan tomat.

Namun untuk anda yang berniat menanam buah melon harus membuang ruang ekstra karena melon akan tumbuh besar. Keuntungan menanam buah dirumah anda ialah anda bisa langsung mengkonsumsi buah yang anda tanam setelah matang.

Baca Juga: Pasang Gelajar Jembatan di Tol Cipularang, Jasa Marga Berlakukan Rekayasa Lalin

Anda bisa memastikan bahwa buah yang disantap keluarga adalah yang terbaik karena anda tanam dan rawat sendiri.

Tanaman Hias
Jika anda ingin menanam tanaman dengan tujuan ingin menghias rumah saja, ada beberapa tanaman yang bisa anda tanam dirumah untuk mempercantik rumah. tanaman hias yang bisa bikin rumah makin terasa asri diantaranya Suplir, Keladi Red Star, Aglaonema dan bunga Anggrek. Dengan menanam tanaman hias dirumah anda tak hanya bisa mempercantik rumah, namun juga nuansa keasrian yang didapat didalam rumah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x