Hati-hati! 10 Hal Ini Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C

- 4 Juni 2023, 09:55 WIB
Ilustrasi vitamin C.
Ilustrasi vitamin C. /Unsplash.com/Diana Polekhina/

PRFMNEWS - Tuntutan aktivitas harian yang padat membuat banyak orang di zaman sekarang ini hanya mempunyai sedikit waktu untuk memperhatikan kondisi tubuhnya.

Makanya, tak jarang orang yang gampang jatuh sakit atau sekadar lemas kecapekan. Tapi tahukah kamu bahwa dua keluhan ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan vitamin C?

Vitamin C adalah zat gizi yang tidak diproduksi oleh tubuh kita, namun selalu dibutuhkan setiap harinya.

Baca Juga: Sering Kesemutan atau Sakit Kepala? Bisa Jadi Kekurangan Vitamin B12, dr. Ema Sebutkan Tanda-Tanda Lainnya

Karena itu, tubuh perlu mendapat asupan Vitamin C dari luar tubuh seperti buah dan sayur, atau dari suplemen Vitamin C secara rutin. Sayangnya, kesadaran untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C secara rutin masih belum tinggi.

Berikut ini adalah fungsi vitamin C bagi tubuh manusia

Vitamin C dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Fungsi vitamin C secara spesifik yaitu untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot, membantu pembentukan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, serta membantu penyerapan zat besi yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin C dikenal dapat meningkatkan stamina tubuh.

Beberapa ahli menyebut vitamin C sebagai zat gizi yang paling aman dan paling efektif. Disebut paling aman karena vitamin C adalah jenis vitamin yang larut air, sehingga jika Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, kelebihannya akan dibuang melalui urin.

Baca Juga: 6 Jenis Vitamin untuk Atasi Peradangan Menurut dr. Saddam Ismail

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x