Asam Urat Tidak Kunjung Sembuh, Mungkin Tiga Hal yang Disebutkan dr. Ema Ini Menjadi Penyebabnya

- 28 Mei 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi Seseorang Memiliki Gejala Asam Urat /freepik.com
Ilustrasi Seseorang Memiliki Gejala Asam Urat /freepik.com /

PRFMNEWS – Apakah Anda salah satu penderita asam urat yang pernah mengeluhkan kenapa asam urat kunjung sembuh? Bisa jadi tiga hal yang disebutkan dr. Ema Surya Pertiwi ini menjadi penyebabnya.

Padahal sudah mengkonsumsi obat asam urat maupun menghindari makanan pantangannya, tetapi asam urat tidak kunjung sembuh atau nyeri yang tidak hilang-hilang.

Kali ini dr. Ema Surya Pertiwi melalui kanal YouTubenya @Emasuperr menjelaskan tentang 3 penyebab asam urat sulit sembuh dan juga solusinya.

Baca Juga: Cerita Ronny Lukito Diminta Tolong Ridwan Kamil Siapkan 'Kado Kenangan' Almarhum Eril di Swiss

1. Pencernaan atau Metabolisme Purin

dr. Ema menjelaskan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak makanan tinggi purin, maka purin tersebut akan dimetabolisme akhir dalam bentuk asam urat.

Mengkonsumsi purin lebih dari 300 – 400 MG dari makanan, maka hal itu bisa menyebabkan penumpukan dan menjadi gejala asam urat, tubuh kita dapat mentolerir sekitar 200-400 MG purin dalam sehari.

2. Metabolisme Gula Fruktosa Pada Hati

Kelebihan fruktosa akan diproses menjadi asam urat pada tubuh, yang mana paling banyak yaitu pada minuman bersoda, minuman kaleng, dan minuman rasa-rasa, serta buah-buahan seperti apel, kiwi, kurma, nangka, anggur yang mana buah tersebut tinggi akan fruktosa.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x