Sering Kesemutan atau Sakit Kepala? Bisa Jadi Kekurangan Vitamin B12, dr. Ema Sebutkan Tanda-Tanda Lainnya

- 27 Mei 2023, 15:10 WIB
5 makanan kaya vitamin B12 untuk vegetarian.*
5 makanan kaya vitamin B12 untuk vegetarian.* /Pixabay.com /Showmeyourflowers


PRFMNEWS – Apakah Anda sering merasakan kesemutan di tangan maupun kaki atau mengalami sakit kepala? Bisa jadi Anda kekurangan vitamin B12, dr. Ema sebutkan tanda-tanda lainnya.

Selain kesemutan dan sakit kepala, dr. Ema Surya Pertiwi melalui kanal YouTubenya @Emasuperr menyebutkan tanda-tanda lainnya ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin B12, simak apa saja:

Baca Juga: Penyebab Tangan dan Jari-Jari Sering Kesemutan Serta Cara Mengatasinya, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar ini

1. Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

Bagi Anda yang sering mengalami kesemutan atau kram di bagian kaki dan tangan, serta Anda tidak memiliki riwayat penyakit darah tinggi, kolesterol dan diabetes, bisa jadi hal itu merupakan gejala kekurangan vitamin B12.

“Vitamin B12 punya efek untuk menstabilkan fungsi saraf pada tubuh, terutama saraf yang berhubungan dengan indra kita ya,” ujar dr. Ema seperti dikutip prfmnews.id.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala juga ternyata menjadi tanda atau gejala seseorang mengalami kekurangan vitamin B12.

“Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan rasa nyeri kepala yang tidak tertahankan ya, kenapa? Karena vitamin b12 berfungsi untuk menstabilkan fungsi saraf otak terutama, sehingga ketika kita defisiensi vitamin B12 biasanya akan mengalami kepala seperti cenat-cenut dan rasanya sangat tidak nyaman sekali,” ujar dr. Ema.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kesemutan Akibat Kaki Diabetes Bisa Diobati dengan 5 Cara Dokter Cahyo Ini

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x