Bolehkah Memotong Kuku saat Puasa? Begini Hukum dan Penjelasannya

- 28 Maret 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi- Memotong kuku, penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah.
Ilustrasi- Memotong kuku, penjelasan hukum memotong kuku ketika berpuasa Ramadhan boleh atau tidak, ini penjelasan dan cara potong kuku sesuai sunnah. /Pixabay.com/@Carola68

PRFMNEWS - Mungkin kamu pernah mendengar beberapa orang berkata kalau tidak disarankan memotong kuku saat sedang berpuasa. Lalu ketika ingin memotong kuku saat puasa Ramadhan, apakah dilarang?

Memotong kuku adalah hal yang baik jika dilakukan secara rutin, agar kotoran yang menumpuk di jari dapat hilang dan menjadi bersih kembali.

Orang-orang yang suka makan dengan tangan tanpa alat makan, bepergian keluar rumah, membersihkan rumah dan kegiatan yang dapat memicu masuknya kotoran ke kuku, dianjurkan untuk memotong kuku ketika sudah panjang.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Potong Rambut Saat Puasa, Benarkah Bisa Bikin Batal?

Hal tersebut dilakukan guna menghindari berbagai macam penyakit yang ada di sela-sela kuku.

Dan hukum memotong kuku saat puasa Ramadhan adalah boleh. Memotong kuku merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Ada lima macam (sunah) fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x