10 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan, Nomor 5 Terkesan Sepele Tapi Bisa Kurangi Pahala Puasa

- 26 Maret 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi Ramadhan 2023.
Ilustrasi Ramadhan 2023. /Pexels/Alex Saharchuk/

PRFMNEWS – Selama Ramadhan, selain menjalankan ibadah wajib puasa, umat Islam juga dapat melakukan sejumlah amalan sunnah untuk menambah pahala.

Amalan sunnah saat bulan puasa ini sangat baik dikerjakan mengingat Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah sepuluh amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh orang yang berpuasa di bulan Ramadhan seperti disampaikan Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nihâyah al-Zain fî Irsyâd al-Mubtadi’in:

Baca Juga: Panduan Lengkap Puasa Ramadhan 2023, Syarat Sah, Syarat Wajib, Niat hingga Hal yang Membatalkan

1. Melaksanakan sahur
Selain sebagai suplai tenaga di siang hari saat berpuasa, makan sahur juga menjadi salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan.

Lebih dianjurkan untuk melakukan sahur di akhir waktu, selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

Baca Juga: Bolehkah Terima Makanan Takjil Buka Puasa Ramadhan dan Alat Sholat dari Non Muslim?

2. Menyegerakan berbuka
Hendaknya orang berpuasa untuk segera berbuka begitu waktu Maghrib tiba. Selain itu, berbuka lebih dianjurkan untuk memakan kurma. atau jika tidak ada bisa dengan air putih.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x