Panduan Lengkap Puasa Ramadhan 2023, Syarat Sah, Syarat Wajib, Niat hingga Hal yang Membatalkan

- 23 Maret 2023, 19:20 WIB
Ilustrasi puasa Ramadhan
Ilustrasi puasa Ramadhan /Pexels/Gabby K

PRFMNEWS – Puasa Ramadhan 1444 H di Indonesia telah dimulai sejak Kamis, 23 Maret 2023. Dalam Islam, puasa bertujuan untuk membentuk insan yang bertakwa.

Panduan lengkap puasa Ramadhan seperti syarat sah, syarat wajib, niat per hari atau satu bulan, dan hal-hal yang bisa membuat batal puasa kami rangkumkan dalam artikel ini.

Dikutip dari laman resmi Bimas Islam Kemenag, puasa yakni menahan diri untuk tidak makan, minum, serta dari segala hal yang membatalkan puasa dengan periode waktu dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca Juga: Bupati Bandung Turunkan Alat Beko Amfibi untuk Atasi Banjir di Soreang

Adapun dalil wajib puasa Ramadhan ialah firman Allah dalam Al Quran Surat Al Baqarah [2] ayat 183 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Kewajiban puasa itu dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits shahih, bahwa salah satu tonggak berdirinya Islam (rukun Islam), yakni berpuasa Ramadhan. Nabi bersabda yang artinya:

Baca Juga: Cara Pesan Tiket Murah Garuda Indonesia 2023, Diskon 80 Persen Rute Penerbangan Domestik-Internasional

“Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat wajib, menunaikan zakat, pergi haji ke Baitullah [bagi yang mampu], dan melaksanakan puasa Ramadan” (HR Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x