Tips Konsumsi Daging Kurban Agar Kolesterol Tubuh Tetap Aman

- 31 Juli 2020, 21:33 WIB
Ilustrasi olahan daging kurban menjadi tongseng kambing. /resepkoki.id


PRFMNEWS - Ahli Gizi dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dr. Dimas Erlangga Luftimas mengatakan, jika kandungan gizi daging sapi maupun kambing sama baiknya bagi tubuh.

Kendati begitu, ia menyarankan kepada masyarakat agar tidak berlebihan mengkonsumsi daging apalagi di momen Idul Adha ini. Pasalnya daging sapi maupun kambing memiliki kandungan lemak yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol tubuh.

"Tubuh kita memproduksi kolesterol yang dinamakan metabolisme kolesterol. Kemudian kolesterol juga dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, bukan cuma dari lemak saja, tapi makanan secara umum," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jum'at (31/7/2020).

Baca Juga: Begini Cara Simpan Daging Kurban yang Baik Menurut Ahli Gizi

Namun dr. Dimas membantah jika olahan daging kurban bila ditambahkan santan dapat meningkatkan kolesterol tubuh.

"Dari tumbuhan seperti santan dan minyak tidak ada kolesterol. Justru kolesterol itu dari daging. Kalau ditambah bumbu tidak akan pengaruh," tambahnya.

Bagi masyarakat yang memiliki risiko darah tinggi, sebaiknya lebih berhati-hati saat mengkonsumsi daging kurban ini. Oleh karenanya lanjut dia, konsumsi daging kurban mesti diimbangi dengan konsumi sayuran kaya serat.

Baca Juga: Hendak Disembelih, Seekor Sapi di Coblong Kota Bandung Malah Terperosok ke Parit

"Kita harus seimbangkan menu makan. Seimbangkan dengan sayuran. Agar bisa menekan saluran cerna," tukasnya.***

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X