Jangan Beri Anak ASI saat Mobil Berjalan, Jika di Pesawat Lakukan Ketika Take Off dan Landing

- 18 Februari 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi, tatap cara menyusui atau berikan ASI pada anak saat berada di mobil dan di pesawat.
Ilustrasi, tatap cara menyusui atau berikan ASI pada anak saat berada di mobil dan di pesawat. /ALINA MATVEYCHEVA/Pexels

PRFMNEWS – Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dan dokter spesialis anak mengingatkan para ibu terkait cara pemberian Air Susu Ibu (ASI) saat berada di mobil dan pesawat.

AIMI dan dokter anak mengimbau agar ibu tidak memberikan ASI kepada anak saat keadaan mobil berjalan.

Sedangkan ketika berada dalam pesawat, para ibu diimbau untuk memberikan ASI kepada anak pada saat take off dan landing.

Baca Juga: Ambisi Ezra Walian Curi Kemenangan dari RANS Nusantara FC

Alasan ibu dilarang menyusui atau memberikan ASI kepada anak di dalam mobil yang sedang berjalan disampaikan Ketua Umum AIMI Rahmah Housniati S.Sos, MKM, IBCLC.

“Karena setiap anak yang naik kendaraan bermotor, maksudnya naik mobil, itu sebaiknya di car seat, jadi tidak disusui. Jadi tidak ada posisi menyusui yang tepat saat kendaraan berjalan,” kata wanita yang akrab disapa Nia Umar itu, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Hal senada juga disampaikan oleh dokter spesialis anak sekaligus anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Melanie Yudiana Iskandar, SpA.

Baca Juga: Terungkap oleh Polisi, Terapis Jepit Bayi Lalai saat Melakukan Penanganan terhadap Balita

Ditambahkan Melanie, jika sang anak harus disusui dalam perjalanan maka sebaiknya kendaraan berhenti dan menepi terlebih dahulu selama ibu sedang menyusui.

“Kalau bayinya harus menyusui ya paling aman menepi. Mobilnya jangan sambil jalan, menepi dulu gitu ya. Ini kita ngomong aman ya yang paling ideal. Kendaraan diberhentikan, menyusui bayinya, bayinya diletakkan lagi ke car seat-nya, baru jalan lagi,” ungkap Melanie.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x