Beragam Alasan Orang Pilih ‘Childfree’, Psikolog: Keputusan ini Bisa Berubah Sewaktu-waktu

- 11 Februari 2023, 11:40 WIB
Gita Savitri, salah satu influencer yang memilih Child Free
Gita Savitri, salah satu influencer yang memilih Child Free /Instagram @gitasav

PRFMNEWS – Istilah childfree atau seseorang yang memutuskan untuk tidak punya anak dalam suatu hubungan pernikahan belakangan santer jadi bahan perbincangan sejumlah netizen di media sosial.

Segala hal terkait childfree termasuk alasan atau penyebab yang melatarbelakangi kenapa seseorang memilih tidak ingin memiliki anak meski sudah menikah jadi bahan pertanyaan mereka.

Terlebih lagi, salah satu influencer Gita Savitri yang saat ini menetap di Jerman secara terbuka menyatakan dirinya memilih untuk childfree hingga menuai pro kontra oleh beberapa netizen.

Baca Juga: Pentingnya Self Healing dan Self Talk di Tengah Ketidakpastian Kondisi Pandemi, Simak Kata Psikolog Ini

Lantas, apa saja alasan yang membuat seseorang atau bahkan pasangan yang sudah menikah memilih untuk childfree?

Psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPEd memandang bahwa pasangan atau seseorang yang memutuskan untuk tidak memiliki anak merupakan sebuah pilihan.

Rosdiana menilai, ada berbagai alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk childfree. Tentu, alasan itu pun bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Baca Juga: Sebelum Sukes sebagai Psikolog Anak, Kak Seto Pernah jadi Gelandangan demi Bertahan Hidup

Pertama, menurut Rosdiana, penyebab orang memilih untuk childfree karena punya masa trauma saat masa kecilnya. Meski hal ini tidak melulu pasti memicu seseorang memilih untuk enggan punya anak.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x